UDiNus Repository

Penerapan Data Mining Untuk Menentukan Estimasi Hasil Panen Perkebunan Kopi Robusta Terhadap Luas Lahan Dan Curah Hujan Di Kabupaten Semarang Dengan Regresi Linier Berganda

HENDRA, KURNIAWAN (2017) Penerapan Data Mining Untuk Menentukan Estimasi Hasil Panen Perkebunan Kopi Robusta Terhadap Luas Lahan Dan Curah Hujan Di Kabupaten Semarang Dengan Regresi Linier Berganda. Skripsi,Fakultas Ilmu Komputer.

[img]
Preview
PDF
Download (4Kb) | Preview

    Abstract

    Kopi merupakan komoditi unggulan Indonesia. Hal ini ditunjukkan dengan posisi Indonesia dalam 4 besar negara produsen terbesar di dunia dengan 691 ribu kg kopi yang dihasilkan. Jenis kopi yang banyak di produksi di Indonesia salah satunya yaitu Kopi Robusta. Kopi robusta ditanam pada ketinggian 400-800 meter dan curah hujan 2000-4000mm/tahun. Hal tersebut membuat Kabupaten Semarang menjadi salah satu daerah di Indonesia yang baik untuk pembubidayaan jenis kopi tersebut karena terletak di ketinggian 318 sampai 1.450 meter dpl. Namun kondisi alam dan juga luas lahan yang berubah-ubah tiap tahunnya membuat hasil panen tidak menentu. Hasil panen bisa lebih banyak dari tahun sebelumnya dan juga turun, hal tersebut bisa mempengaruhi keseimbangan antara permintaan dan ketersediaan yang akhirnya berimbas pada harga jual Kopi Robusta. Berdasarkan masalah tersebut penelitian ini dilakukan dengan data mining yang dimodelkan dengan regresi linier berganda yang bertujuan untuk mengestimasi hasil panen kopi robusta. Luas lahan (x1), curah hujan (x2) sebagai variabel independen dan hasil panen sebagai variabel dependen(y). Dari hasil penelitian ini, diperoleh persamaan regresi linier berganda y = -5,0574 + 0,4218x1 + 0,0005 x2, dengan koefisien korelasi berganda (R) sebesar 0,994 dan koefisien determinasi (R2) sebesar 0,990. Besaran eror Root Mean Square Error sebesar 16,941.

    Item Type: Article
    Subjects: T Technology > Teknik Informatika
    Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Ilmu Komputer > Teknik Informatika
    Divisions: Fakultas Ilmu Komputer
    Depositing User: Psi Udinus
    Date Deposited: 13 Dec 2017 16:43
    Last Modified: 13 Dec 2017 16:43
    URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/23065

    Actions (login required)

    View Item