UDiNus Repository

ALGORITMA C4.5 UNTUK MENGKLASIFIKASIKAN KARYAWAN SADAP DALAM MENENTUKAN KENAIKAN GOLONGAN PADA PT.PERKEBUNAN NUSANTARA IX KEBUN BLIMBING

FIQIE, UTAMA PANJI (2017) ALGORITMA C4.5 UNTUK MENGKLASIFIKASIKAN KARYAWAN SADAP DALAM MENENTUKAN KENAIKAN GOLONGAN PADA PT.PERKEBUNAN NUSANTARA IX KEBUN BLIMBING. Skripsi,Fakultas Ilmu Komputer.

[img]
Preview
PDF
Download (3953b) | Preview

    Abstract

    Kenaikan golongan sangat penting sebagai pengembangan regenerasi sumber daya manusia, menjaga sumber daya manusia dibutuhkan menajemen perancangan yang baik seperti melakukan seleksi, melakukan orientasi, melakukan pelatihan, penilaian kerja.Penelitian ini untuk mengetahui dan menganalisa pengabilan kenaikan golongan pada PTP Nusantara IX Kebun Blimbing. Penelitian ini mengunakan data produksi karyawan sebanyak 509 data. Klasifikasi kenaikan golongan mengunakan data yang diambil dari perusahaan pada tahun 2015 dengan mengunakan penerapan ilmu data mining.Metode dipakai yaitu Algoritma C4.5. Algoritma C4.5 adalah salah satu teknik terkenal dalam data mining karena metode ini tidak membutuhkan proses pengolahan pengetahuan terlebih dahulu dan dapat mengerjakan dengan sederhana kasus-kasus yang mempunyai dimensi yang besar. Akurasinya baik jika data yang digunakan menjadi patokan mengunakan data yang akurat. Proses evaluasi dilakukan dengan mengitung akurasi, precision, recall dan ROC. Hasil menunjukan bahwa data menghasilkan nilai akurasi confusion matrix sebesar 95,51 % dan akurasi AOC sebesar 0.887 dengan tingkat diaknosa good classification.

    Item Type: Article
    Subjects: T Technology > Teknik Informatika
    Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Ilmu Komputer > Teknik Informatika
    Divisions: Fakultas Ilmu Komputer
    Depositing User: Psi Udinus
    Date Deposited: 13 Dec 2017 16:43
    Last Modified: 13 Dec 2017 16:43
    URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/23066

    Actions (login required)

    View Item