UDiNus Repository

IMPLEMENTASI TEXT MINING MENGGUNAKAN METODE NAIVE BAYES CLASSIFIER UNTUK ANALISA LAPORAN MASYARAKAT PADA KEPOLISIAN RESOR PEMALANG

YOOGIE, SAPUTRA (2017) IMPLEMENTASI TEXT MINING MENGGUNAKAN METODE NAIVE BAYES CLASSIFIER UNTUK ANALISA LAPORAN MASYARAKAT PADA KEPOLISIAN RESOR PEMALANG. Skripsi,Fakultas Ilmu Komputer.

[img]
Preview
PDF
Download (3853b) | Preview

    Abstract

    Dengan adanya perkembangan di bidang informasi, dapat mengetahui akhir-akhir ini laporan/pengaduan masuk ke Kepolisian Republik Indonesia semakin marak. Pada penelitian ini dilakukan klasifikasi pengaduan masyarakat kepada Polres Pemalang berdasarkan data dokumen dengan memanfaatkan informasi dari laporan warga masyarakat. Penelitian menggunakan text mining dalam penerapan teknik text mining menggunakan proses dengan stemming yang terdapat dalam tahapan preprocessing yang bertujuan untuk mengambil kata dasar Bahasa Indonesia untuk setiap kata. Dengan implementasi metode text mining menggunakan algoritma Naive Bayes untuk pengaduan masyarakat terhadap pihak Kepolisian Resor Pemalang maka informasi berupa data laporan dapat dianalisa dengan cepat dan efisien. Pada akhirnya data laporan dapat diketahui perbandingan nilai akurasi penggunaan text mining dengan algoritma Naive Bayes dengan stemming dan tanpa stemming. Pada penelitian ini menujukan bahwa penggunaan algoritma Naive Bayes tanpa stemming cukup baik dengan nilai akurasi mencapai 82.5% dalam proses hasil klasifikasi dan hasil akurasi.

    Item Type: Article
    Subjects: T Technology > Teknik Informatika
    Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Ilmu Komputer > Teknik Informatika
    Divisions: Fakultas Ilmu Komputer
    Depositing User: Psi Udinus
    Date Deposited: 13 Dec 2017 16:43
    Last Modified: 13 Dec 2017 16:43
    URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/23072

    Actions (login required)

    View Item