UDiNus Repository

ANALISA NILAI ANGKA TETAP UNTUK MENENTUKAN PRODUKTIFITAS PADI BERBASIS ALGORITMA K-MEANS DAN DECISION TREE C4.5 DI JAWA TENGAH

MAHARDHIKA, DWIPUTRA ARDHA (2017) ANALISA NILAI ANGKA TETAP UNTUK MENENTUKAN PRODUKTIFITAS PADI BERBASIS ALGORITMA K-MEANS DAN DECISION TREE C4.5 DI JAWA TENGAH. Skripsi,Fakultas Ilmu Komputer.

[img]
Preview
PDF
Download (4Kb) | Preview

    Abstract

    Padi merupakan tanaman yang menjadi sumber bahan makanan pokok penduduk indonesia. Untuk memenuhi kebutuhan makanan pokok ini, upaya-upaya peningkatan produktifitas padi harus terus dilakukan. Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan Hortikultura (Dinpertan TPH) Provinsi Jawa Tengah merupakan unsur pelaksana otonomi daerah di bidang pertanian tanaman pangan dan hortikultura yang berkedudukan di bawah dan bertanggungjawab kepada gubernur melalui sekda. Database Dinpertan TPH memiliki data mengenai angka tetap (ATAP) provitas tahunan yang berisi angka panen tanaman tiap kabupaten di Provinsi Jawa Tengah. Data ATAP tersebut dapat diketahui pola data dan informasi untuk pengambilan keputusan apabila digali dengan tepat. Data mining bisa berperan dalam proses penggalian pola dan informasi pada data ATAP agar didapatkan pengetahuan untuk pengambilan keputusan. Pada penelitian ini, peneliti melakukan analisa terhadap data panen padi di Jawa Tengah dengan metode CRISP-DM dengan algoritma K-Means dan Decision Tree C4.5 yang nantinya akan memberikan hasil analisa terhadap produktifitas padi khususnya di Jawa Tengah. Proses evaluasi dilakukan dengan menggunakan confusion matrix. Hasilnya, algoritma Decision Tree C4.5 menunjukkan nilai akurasi 86,67% dan rasio kesalahan 13,33%.

    Item Type: Article
    Subjects: T Technology > Teknik Informatika
    Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Ilmu Komputer > Teknik Informatika
    Divisions: Fakultas Ilmu Komputer
    Depositing User: Psi Udinus
    Date Deposited: 13 Dec 2017 16:43
    Last Modified: 13 Dec 2017 16:43
    URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/23074

    Actions (login required)

    View Item