NABILA, SAFINA (2017) Analisis Sentimen pada Twitter tentang Jasa Transportasi Online di Indonesia dengan Metode Support Vector Mechine. Skripsi,Fakultas Ilmu Komputer.
| PDF Download (3699b) | Preview |
Abstract
Transportasi online di Indonesia kini menjadi fenomena,kemudahan yang ditawarkan oleh transportasi membuat banyak masyarakat yang menggunakan jasa transportasi online. Melalui media sosial twitter pada masing masing akun transportasi online, masyarakat dapat memberikan respon terhadap jasa transportasi online yang dapat dibuat sebagai analisis sentimen tentang respon masyarakat terhadap jasa transportasi online. Respon masyarakat di twitter tersebut diklasifikasikan menjadi 2 kelas tweet tingkat dasar yaitu positif dan negatif. Data dikumpulkan dari twitter dengan tweet sebanyak 1000. Pemberian label tidak dilakukan secara manual tetapi menggunakan metode clustering yang membagi 1000 data kedalam dua kelompok. Cluster 1 sebagai kelompok tweet positif dan Cluster 2 sebagai kelompok tweet negatif. 900 untuk data pelatihan dan 100 untuk data pengujian. Tahap pre-processing pada data meliputi tokenisasi, casenormalization, deteksi stop word, dan stemming. Proses klasifikasi menggunakanmetode Support Vector Machine (SVM). Akurasi SVM menunjukkan hasil yaitu 87%.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | T Technology > Teknik Informatika Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Ilmu Komputer > Teknik Informatika |
Divisions: | Fakultas Ilmu Komputer |
Depositing User: | Psi Udinus |
Date Deposited: | 13 Dec 2017 16:44 |
Last Modified: | 13 Dec 2017 16:44 |
URI: | http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/23084 |
Actions (login required)
View Item |