UDiNus Repository

Analisis Sentimen pada Twitter tentang Jasa Transportasi Online di Indonesia dengan Metode Support Vector Mechine

NABILA, SAFINA (2017) Analisis Sentimen pada Twitter tentang Jasa Transportasi Online di Indonesia dengan Metode Support Vector Mechine. Skripsi,Fakultas Ilmu Komputer.

[img]
Preview
PDF
Download (3699b) | Preview

    Abstract

    Transportasi online di Indonesia kini menjadi fenomena,kemudahan yang ditawarkan oleh transportasi membuat banyak masyarakat yang menggunakan jasa transportasi online. Melalui media sosial twitter pada masing masing akun transportasi online, masyarakat dapat memberikan respon terhadap jasa transportasi online yang dapat dibuat sebagai analisis sentimen tentang respon masyarakat terhadap jasa transportasi online. Respon masyarakat di twitter tersebut diklasifikasikan menjadi 2 kelas tweet tingkat dasar yaitu positif dan negatif. Data dikumpulkan dari twitter dengan tweet sebanyak 1000. Pemberian label tidak dilakukan secara manual tetapi menggunakan metode clustering yang membagi 1000 data kedalam dua kelompok. Cluster 1 sebagai kelompok tweet positif dan Cluster 2 sebagai kelompok tweet negatif. 900 untuk data pelatihan dan 100 untuk data pengujian. Tahap pre-processing pada data meliputi tokenisasi, casenormalization, deteksi stop word, dan stemming. Proses klasifikasi menggunakanmetode Support Vector Machine (SVM). Akurasi SVM menunjukkan hasil yaitu 87%.

    Item Type: Article
    Subjects: T Technology > Teknik Informatika
    Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Ilmu Komputer > Teknik Informatika
    Divisions: Fakultas Ilmu Komputer
    Depositing User: Psi Udinus
    Date Deposited: 13 Dec 2017 16:44
    Last Modified: 13 Dec 2017 16:44
    URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/23084

    Actions (login required)

    View Item