UDiNus Repository

Perancangan Visual Branding Ageman Fashion and Accesories

ANISYA, WAHDIATI ISTIFA (2017) Perancangan Visual Branding Ageman Fashion and Accesories. Skripsi,Fakultas Ilmu Komputer.

[img]
Preview
PDF
Download (4Kb) | Preview

    Abstract

    Ageman Fashion and Accesories merupakan salah satu usaha yang bergerak di bidang fashion dan accesories khusus batik di kota Solo. Kurangnya kegiatan yang dilakukan untuk membentuk identitas ataupun citra yang kuat menjadi berpengaruh pada kedudukan Ageman Fashion and Accesories di masyarakat. Selain itu juga mempengaruhi persepsi yang tercipta antara identitas di masyarakat dengan identitas yang ingin dibangun oleh perusahaan. Branding merupakan sebuah upaya untuk membangun suatu identitas di benak audiens dan menjadi sebuah pembeda antara perusahaan satu dengan perusahaan yang lain. Perancangan yang dilakukan untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah dengan merancang visual branding yang sesuai dengan citra dari Ageman Fashion and Accesories, tujuannya untuk mengkomunikasikan kepada target audiens melalui media yang tepat. Perancangan visual branding ini dibuat melalui perancangan efektif menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi sebagai data primer dan studi literatur, internet sebagai data sekunder. Data dianalisis menggunakan analisis SWOT (Strenght, Weakness, Opportunity, Threats) dan group brainstorming yang disesuaikan dengan visi misi perusahaan sebagai alat untuk menentukan strategi kreatif agar hasilnya sesuai dengan identitas yang ingin ditonjolkan. Dalam proses analisis menghasilkan kata kunci yang digunakan sebagai acuan dalam perancangan yaitu asimetris, batik, esklusif, klasik, logotype dan logogram, merah maroon, serif, sulur. Media yang dihasilkan merupakan media lini bawah (below the line) berupa logo dan GSM (Graphic Standart Manual) sebagai media utama, dan stationary, merchandise, packaging serta sign sebagai media pendukungnya. Melalui perancangan visual branding ini, Ageman Fashion and Accesories dapat memperkuat identitas yang dimiliki serta meminimalisir terjadinya perbedaan persepsi di masyarakat.

    Item Type: Article
    Subjects: Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Ilmu Komputer > Desain Komunikasi Visual
    Divisions: Fakultas Ilmu Komputer
    Depositing User: Psi Udinus
    Date Deposited: 13 Dec 2017 16:44
    Last Modified: 13 Dec 2017 16:44
    URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/23093

    Actions (login required)

    View Item