UDiNus Repository

Perancangan Game Edukasi Untuk Menanamkan Tata Krama Pada Anak

DEA, SHAULA FAUSTINA (2017) Perancangan Game Edukasi Untuk Menanamkan Tata Krama Pada Anak. Skripsi,Fakultas Ilmu Komputer.

[img]
Preview
PDF
Download (4037b) | Preview

    Abstract

    Tata Krama atau sopan santun merupakan suatu sikap seseorang terhadap apa yang dilihat, dirasakan, di dalam situasi, maupun kondisi dimana ia berada. Tata krama merupakan kebiasaan sopan santun yang telah disepakati dalam lingkungan pergaulan antar manusia setempat. Sikap tata krama atau sopan santun akan mengarah lebih menonjolkan pribadi yang baik serta akan menghormati siapapun. Karena sifat ini harus sudah tertanamkan sejak kecil pada diri individu tersebut. Namun banyak anak saat ini yang tidak memiliki tata krama atau sopan santun. Hal ini telah terbuktikan dengan adanya banyak perilaku atau tingkah laku anak yang belum tahu tentang tata cara bersikap dan berperilaku dengan individu lain secara baik dan benar, cara bertutur kata sopan dan baik, serta cara bagaimana berperilaku yang semestinya akan harus dilakukan. Perancangan konsep game edukasi ini menjadi media alternatif untuk anak yang nantinya diharapkan dapat menanamkan tata krama atau sopan santun tersebut ke dalam kehidupannya yang akan dikemas dalam bentuk permainan yang menarik bagi anak. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Data dikumpulkan dengan wawancara dan observasi kepada objek penelitian mengenai pengaruh tata krama dalam kehidupan sehari-hari. Analisis data bersifat deskriptif menggunakan 5W+1H. Game ini dirancang untuk platform android yang umum digunakan di smartphone.

    Item Type: Article
    Subjects: Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Ilmu Komputer > Desain Komunikasi Visual
    Divisions: Fakultas Ilmu Komputer
    Depositing User: Psi Udinus
    Date Deposited: 13 Dec 2017 16:44
    Last Modified: 13 Dec 2017 16:44
    URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/23097

    Actions (login required)

    View Item