UDiNus Repository

MEDIA PEMBELAJARAN MENGENAL BENUA UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MARKERLESS AUGMENTED REALITY DI SD NEGERI 1 PARAKAN ROWOSARI

DIDIK, TRI SETIYA (2017) MEDIA PEMBELAJARAN MENGENAL BENUA UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MARKERLESS AUGMENTED REALITY DI SD NEGERI 1 PARAKAN ROWOSARI. Skripsi,Fakultas Ilmu Komputer.

[img]
Preview
PDF
Download (4065b) | Preview

    Abstract

    Pentingnya media pembelajaran sebagai salah satu alat untuk menunjang prestasi belajar siswa. SD N 1 Parakan Rowosari sebagai objek penelitian memiliki media pembelajaran Globe Dunia dan Peta Dunia untuk mempermudahkan dalam penyampaian materi khususnya bab megenal benua. Namun hasil prestasi belajar siswa rata-rata masih dibawah nilai Kriteria Ketuntasan Minimal. Menurut hasil pengamatan pengampu kelas VI, salah satu faktornya yaitu kurangnya minat belajar siswa. Pada penelitian ini berfokus pada peningkatan hasil prestasi belajar melalui minat belajar siswa dengan pengembangan media pembelajaran yang ada yaitu Globe Dunia menggunakan teknologi Markerless Augmented Reality yang akan menampilkan objek 3D benua dan informasi sesuai dengan Buku Sekolah Elektronik yang digunakan disekolah tersebut. Hasil yang diperoleh dari pengembangan media pembelajaran menggunakan teknologi Markerless Augmented Reality ini berhasil meningkatkan sebesar 477,48 dari 30 siswa kelas VI. Namun untuk kedepannya masih diperlukannya pengembangan lagi, karena aplikasi ini hanya dapat melakukan scanning terhadap Globe Dunia berskala 1 : 50.000.000 berdiameter 25 cm. Untuk pengembangan selanjutnya diharapkan dapat melakukan scanning terhadap Globe Dunia berbagai ukuran dan Peta Dunia.

    Item Type: Article
    Subjects: T Technology > Teknik Informatika
    Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Ilmu Komputer > Teknik Informatika
    Divisions: Fakultas Ilmu Komputer
    Depositing User: Psi Udinus
    Date Deposited: 13 Dec 2017 16:45
    Last Modified: 13 Dec 2017 16:45
    URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/23100

    Actions (login required)

    View Item