UDiNus Repository

PERANCANGAN PROGRAM ACARA REALITY SHOW MENTORING IDE MUDA PADA TVKU UNTUK MEMPERTAHANKAN CITRA TVKU SEBAGAI TELEVISI PENDIDIKAN

CITRAWATI, (2017) PERANCANGAN PROGRAM ACARA REALITY SHOW MENTORING IDE MUDA PADA TVKU UNTUK MEMPERTAHANKAN CITRA TVKU SEBAGAI TELEVISI PENDIDIKAN. Skripsi,Fakultas Ilmu Komputer.

[img]
Preview
PDF
Download (4Kb) | Preview

    Abstract

    Televisi merupakan media komunikasi yang diminati oleh masyarakat. Karena dapat memberikan informasi, pendidikan, serta hiburan. Sekarang ini, banyak stasiun televisi yang menampilkan program acara hiburan karena lebih diminati oleh khalayak diberbagai usia. Sehingga televisi pendidikan yang memberikan informasi, wawasan, serta pendidikan kurang diminati karena dianggap membosankan dan kurang menarik. Maka terjadilah persaingan ketat pada dunia pertelevisian. Padahal, televisi yang memberikan program acara yang mendidik sangat dibutuhkan. Salah satu stasiun televisi lokal Jawa Tengah yang memiliki eksistensi adalah TVKU. TVKU merupakan Stasiun televisi yang berada di kota Semarang. Didalam persaingan dunia pertelevisi yang ketat, TVKU memposisikan dirinya sebagai televisi pendidikan lokal di bawah yayasan Universitas Dian Nuswantoro. Sehingga program acara yang menarik dan mendidik sangatlah. Tujuan dari perancangan ini adalah menciptakan suatu program acara yang dapat membantu TVKU mempertahankan citranya sebagai televisi pendidikan. Yaitu dengan penayangan program acara yang mendidik serta menghibur agar dapat bersaing dengan stasiun televisi lainya tanpa harus merupah citra TVKU. Metodologi yang digunakan dalam perancagan ini adalah deskriptif kualitatif guna memecahkan permasalahaan yang ada dan diimplementasikan menjadi program acara Reality Show. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi, dokumentasi, dan kepustakaan. Hasil dari analisis merupakan konsep dari perancangan program acara yang akan dikembangkan. Dalam proses perancangan media, konsep program acara Reality Show dapat membantu dalam mengemas program acara pendidikan menjadi lebih kreatif dan menarik yang dapat ditonton oleh semua khalayak. Sehingga TVKU tidak harus merubah citra televisi pendidikan menjadi televisi hiburan untuk bersaing.

    Item Type: Article
    Subjects: Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Ilmu Komputer > Desain Komunikasi Visual
    Divisions: Fakultas Ilmu Komputer
    Depositing User: Psi Udinus
    Date Deposited: 13 Dec 2017 16:46
    Last Modified: 13 Dec 2017 16:46
    URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/23115

    Actions (login required)

    View Item