NOVI, SULISTYARINI DWI (2017) PERANCANGAN VISUAL BRANDING CINTA BATIK SEMARANGAN. Skripsi,Fakultas Ilmu Komputer.
Abstract
Cinta Batik Semarangan adalah butik yang didirikan oleh Pak Eko. Pengrajin Pak Eko menunjukkan satu-satunya pengrajin yang masih bertahan di era modern saat ini di kampung bubakan yang masih berkembang dan peduli akan batik Semarangan. Di butik tersebut selain menjual batik Semarangan, Pak Eko juga menampilkan proses pembatikan ditempat. Pada butik Pak Eko, visual branding belum kuat dalam pasar pengrajin batik dikota Semarang maupun luar Semarang, selain itu identitas visual brand produk Pak Eko belum diterapkan secara konsisten dalam banyak media di tempat usahanya, padahal di bidang persaingan batik dengan usaha sejenis di dalam maupun luar kota, ini terbukti dalam beberapa wawancara belum mengenal butik ini.Agar hal-hal tersebut dapat terlihat oleh masyarakat luas khususnya para pecinta batik Semarangan . Visual Branding dilakukakn dengan cara mengumpulkan data melalui proses wawancara dengan pihak-pihak terkait dan observasi non- partisipatif guna memperoleh data- data yang valid sebagai informasi sebuah iklan serta mencari data edukatif melalui buk dan internet.Sebagai informasi tambahan yang kemudian dianalisis dengan metode analisi Deskrisi. Hasil dari analisis tersebut adalah sebuah media untuk dijadikan dalam visual branding Dengan adanya perancangan ini diharapkan mampu untuk membantu meningkatkan citra atau nama Cinta Btik Semarangan ke daerah semarang dan indonesia serta luar negeri.
Actions (login required)