UDiNus Repository

PERANCANGAN ANIMASI EDUKASI `BANBAN` EPISODE MENGENAL CUACA DAN BENDA LANGIT UNTUK STASIUN TELEVISI BERLANGGANAN HOREE!TV

RIFKY, HIDAYAT NOOR (2017) PERANCANGAN ANIMASI EDUKASI `BANBAN` EPISODE MENGENAL CUACA DAN BENDA LANGIT UNTUK STASIUN TELEVISI BERLANGGANAN HOREE!TV. Skripsi,Fakultas Ilmu Komputer.

[img]
Preview
PDF
Download (4Kb) | Preview

    Abstract

    Edukasi tentang pengetahuan dasar sangat penting bagi anak usia dini karena pada masa itu otak manusia sangat mudah menerima sesuatu maka dari itu baiknya diisi dengan informasi yang positif. Edukasi tidak harus bersifat formal seperti berangkat ke sekolah SD atau TK dan diajarkan oleh guru. Menonton televisi dirumah dengan tayangan positif dan bimbingan orang tuapun bisa menjadi sarana edukasi untuk anak. Untuk itu sebuah stasiun televisi membutuhkan konten positif khususnya konten yang berisi tentang pendidikan dasar, sehingga pengetahuan bisa disampaikan melalui hal yang disukai oleh. salah satu tema untuk edukasi dasar adalah mengenai cuaca dan benda langit. Pengetahuan tentang cuaca sangat penting agar anak mengetahui perbedaan serta kegiatan apa yang bisa dilakukan ketika sedang mengalami cuaca tertentu. Setelah melalui proses perumusan dan analisa menggunakan metode 5W+1H, maka disimpulkan metode yang digunakan dalam membuat acara televisi denga tema edukasi adalah menggunakan animasi yang bersifat interaktif karena anak-anak usia dini sangat peka dan tertarik dengan unsur visual yang cerah dan unik. Bagian interaktif dari acara edukasi adalah adanya interaksi antara pembawa acara dengan penonton. Dengan tayangnya animasi edukasi dalam sebuah tayangan televisi, maka orang tua memiliki pilihan untuk memberikan tontonan yang ramah terhadap anak.

    Item Type: Article
    Subjects: Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Ilmu Komputer > Desain Komunikasi Visual
    Divisions: Fakultas Ilmu Komputer
    Depositing User: Psi Udinus
    Date Deposited: 13 Dec 2017 16:47
    Last Modified: 13 Dec 2017 16:47
    URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/23141

    Actions (login required)

    View Item