EVITA, WIDASARI (2017) Perancangan Konten Kreatif 16 Sub Sektor Ekonomi Kreatif BEKRAF Melalui Video Fulldome. Skripsi,Fakultas Ilmu Komputer.
Abstract
Pada tahun 2010-2014 sektor ekonomi kreatif di Indonesia turut menjadi kontributor dalam perekonomian nasional. Namun dari 16 sub sektor ekonomi kreatif, hanya 4 sub sektor yang berkembang dan berkontribusi lebih banyak daripada 12 sub sektor lainnya. Penyebabnya ialah tidak meratanya perkembangan sub sektor diakibatkan masih banyak masyarakat yang belum mengetahui pembagian sub sektor ekonomi kreatif dan kurangnya rasa mengapresiasi. BEKRAF selaku lembaga yang bertanggung jawab pada pertumbuhan ekonomi kreatif ingin mensosialisasikan dan menumbuhkan kesadaran masyarakat tentang 16 sub sektor ekonomi kreatif kepada masyarakat. Untuk menunjang perancangan ini digunakan data yang diperoleh dari wawancara, studi pustaka, dan internet yang kemudian di analisa menggunakan metode analisis deskriptif. Media yang dihasilkan hanya media utama yang berupa audio visual yaitu video. Untuk perancangan ini menggunakan new media berupa fulldome yang berisi konten-konten mengenai 16 sub sektor ekonomi kreatif dan informasi singkat mengenai pertumbuhan ekonomi kreatif Indonesia. Gaya visual yang digunakan berupa animasi 3D untuk menambahkan kesan nyata pada saat menonton video ini. Serta aset visual yang berbeda-beda bertujuan untuk menampilkan ciri khas dari masing-masing sub sektor.
Actions (login required)