CHANDRA, PRAYOGA (2017) KAJIAN ETIKA PARIWARA INDONESIA IKLAN BUKALAPAK VERSI GILANYA BELANJA MELALUI SEMIOTIKA JOHN FISKE. Skripsi,Fakultas Ilmu Komputer.
Abstract
Dalam penelitian ini peniliti akan menganalisis sebuah iklan Bukalapak Versi Gilanya Belanja yang menjadi top iklan di indonesia dengan jumlah viewer nomor dua terbanyak, dengan menampilkan tokoh tokoh populer agar dapat memasarkan produk produk dengan berbagai gerakan dan perilaku bertujuan untuk menarik khalayak melakukan transaksi. Dengan memakai metode kualitatif agar mengetahui bentuk visualisasi, semiotika John Fiske dan Etika Pariwara Indonesia dengan cara mendeskripsikan scene keseluruhan dengan tahap deskriftif, tahap analisis formal, tahap interpretasi, tahap evaluasi untuk membedah semiotika yang terkandung didalamnya sehingga dapat mengetahui level realitas, level representasi dan level idelogi dan juga mengetahui pelanggaran pelanggaran Etika Pariwara Indonesia, tujuannya sebuah iklan dapat dibedah agar tidak merugikan dan menimbulkan dampak negatif pada kalangan masyarakat dan juga tidak menyesatkan. Seharusnya iklan yang ditayangkan ditelevisi harus memenuhi standart program siaran KPI agar dapat ditayangkan, Sehingga pesan komunikasi yang disampaikan tidak menimbulkan salah persepsi ataupun berlebihan dengan tidak menampilkan pencantuman harga, penampilan pangan. Hasil dari penelitian ini disimpulkan bahwa iklan yang ditampilkan bersifat komedi sehingga menarik khalayak untuk melakukan transaksi pembelian produk dengan harga yang terjangkau dan mengutamakan kualitas serta kepuasan para khalayak.
Actions (login required)