UDiNus Repository

KLASIFIKASI TEXT TWITTER MENGGUNAKAN ALGORITMA NAIVE BAYES UNTUK ANALISA SENTIMEN PUBLIK PADA PT.GOJEK INDONESIA

SETYAJI, BASKARA WAHYU (2017) KLASIFIKASI TEXT TWITTER MENGGUNAKAN ALGORITMA NAIVE BAYES UNTUK ANALISA SENTIMEN PUBLIK PADA PT.GOJEK INDONESIA. Skripsi,Fakultas Ilmu Komputer.

[img]
Preview
PDF
Download (4052b) | Preview
    [img] Image (JPEG)
    Download (0b)
      [img]
      Preview
      PDF
      Download (9Kb) | Preview
        [img]
        Preview
        PDF
        Download (9Kb) | Preview
          [img]
          Preview
          PDF
          Download (175Kb) | Preview
            [img]
            Preview
            PDF
            Download (434Kb) | Preview
              [img]
              Preview
              PDF
              Download (302Kb) | Preview
                [img]
                Preview
                PDF
                Download (488Kb) | Preview
                  [img]
                  Preview
                  PDF
                  Download (326Kb) | Preview
                    [img]
                    Preview
                    PDF
                    Download (188Kb) | Preview
                      [img]
                      Preview
                      PDF
                      Download (295Kb) | Preview
                        [img]
                        Preview
                        PDF
                        Download (490Kb) | Preview
                          [img]
                          Preview
                          PDF
                          Download (79Kb) | Preview
                            [img]
                            Preview
                            PDF
                            Download (83Kb) | Preview

                              Abstract

                              Twitter sebagai media sosial yang memiliki banyak pengguna di Indonesia memungkinkan penggunanya untuk mengirimkan pesan pendek (tweet) yang dapat diakses oleh publik. Sebagian tweet berisi tentang opini pengguna jasa maupun produk. Dengan jumlah pengguna yang cukup banyak, Twitter mampu digunakan media analisis bagi manajemen perusahaan untuk melihat respon pengguna terkait jasa atau produk mereka. PT. Gojek Indonesia sebagai salah satu pelopor moda transportasi online belum melakukan analisa terhadap opini publik pada media Twitter. Dengan melakukan analisa lebih lanjut terkait opini pengguna, pihak manajemen diharapkan mampu melakukan perbaikan pelayanan serta pencegahan masalah yang mungkin muncul. Penelitian ini membahas analisa sentimen agar mampu mengklasifikasikan tweet menjadi tweet dengan sentimen positif dan sentimen negatif. Klasifikasi dilakukan dengan algoritma Naive Bayes. Hasil eksperimen menunjukkan sistem mampu melakukan klasifikasi tweet dengan nilai rata-rata akurasi 93,77% dari tiga percobaan. Dari hasil tersebut dapat ditarik kesimpulan bahwa algoritma Naive Bayes dapat digunakan untuk melakukan proses klasifikasi Text Twitter dengan tingkat akurasi yang baik.

                              Item Type: Article
                              Subjects: Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Ilmu Komputer > Sistem Informasi
                              Divisions: Fakultas Ilmu Komputer
                              Depositing User: Psi Udinus
                              Date Deposited: 13 Dec 2017 16:47
                              Last Modified: 13 Dec 2017 16:47
                              URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/23155

                              Actions (login required)

                              View Item