UDiNus Repository

APLIKASI BUS TRACKING SYSTEM BERBASIS ANDROID MENGGUNAKAN FIREBASE REALTIME DATABASE PADA BUS RAPID TRANSIT (BRT) TRANS SEMARANG

ANDREAS, WIRATNO RAGIL (2017) APLIKASI BUS TRACKING SYSTEM BERBASIS ANDROID MENGGUNAKAN FIREBASE REALTIME DATABASE PADA BUS RAPID TRANSIT (BRT) TRANS SEMARANG. Skripsi,Fakultas Ilmu Komputer.

[img]
Preview
PDF
Download (4Kb) | Preview

    Abstract

    Bus Rapid Transit (BRT) merupakan salah satu alternatif untuk menangani kemacetan di Kota Semarang. Karena belum adanya jalur khusus, bus BRT juga dapat berpotensi mengalami kemacetan yang dapat berimbas pada terlambatnya waktu kedatangan bus. Beberapa aplikasi telah dikembangkan untuk membantu masyarakat untuk memperoleh informasi tetang bus BRT Trans Semarang, seperti informasi lokasi shelter dan informasi lokasi bus saat ini. Akan tetapi, aplikasi yang ada saat ini dirasa kurang efektif dan belum mampu memenuhi kebutuhan pengguna. Sehingga pada penelititan ini dikembangkan sebuah prototype aplikasi berbasis Android yang menyajikan informasi seluruh lokasi shelter dan seluruh lokasi bus yang sedang beroperasi saat ini dalam satu tampilan peta dan mampu membedakan tanda dengan warna yang bebeda untuk setiap koridor. Menggunakan fasilitas realtime yang ada di Firebase Realtime Database, perubahan data lokasi bus akan disinkronisasi kepada pengguna aplikasi secara otomatis. Hasilnya aplikasi yang dikembangkan mampu melacak lokasi bus secara realtime, menampilkan lokasi bus dan shelter pada satu tampilan peta, dan membagi penanda bus dan shelter dengan warna berbeda untuk setiap koridor. Selain itu aplikasi juga terbukti dapat memenuhi kebutuhan user karena 92% user menyatakan bahwa aplikasi menyadiakan informasi yang sangat bermanfaat dan 84% user menyatakan aplikasi layak untuk di terapkan pada BRT Trans Semarang.

    Item Type: Article
    Subjects: T Technology > Teknik Informatika
    Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Ilmu Komputer > Teknik Informatika
    Divisions: Fakultas Ilmu Komputer
    Depositing User: Psi Udinus
    Date Deposited: 13 Dec 2017 16:48
    Last Modified: 13 Dec 2017 16:48
    URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/23170

    Actions (login required)

    View Item