UDiNus Repository

PENERAPAN ALGORITMA GENETIKA DENGAN GIFFLER AND THOMSON UNTUK SISTEM PENJADWALAN PRODUKSI DI PERUSAHAAN PT HARRISON DAN GILL JAVA

ANIS, SAEFUDDIN (2017) PENERAPAN ALGORITMA GENETIKA DENGAN GIFFLER AND THOMSON UNTUK SISTEM PENJADWALAN PRODUKSI DI PERUSAHAAN PT HARRISON DAN GILL JAVA. Skripsi,Fakultas Ilmu Komputer.

[img]
Preview
PDF
Download (4Kb) | Preview

    Abstract

    Penjadwalan produksi dalam dunia industri memiliki peranan penting sebagai pengambil keputusan. Perusahaan berupaya melakukan sebuah penjadwalan dengan menghasilkan jadwal yang efisien sehingga dapat meningkatkan produktivitas yang dihasilkan dengan total biaya dan waktu seminimum mungkin. Dimana satu set n pekerjaan harus diproses pada set m mesin atau resource yang ada. Setiap pengerjaan produk terdiri dari satu set operasi tertentu dan melalui berbagai set m mesin yang ada. Oleh sebab itu, perlu dirancang sebuah sistem untuk menjadwalkan produksi agar memudahkan perusahaan dalam membuat jadwal produksi. Pada penelitian ini penulis akan membuat sebuah sistem penjadwalan produksi menggunakan algoritma genetika yang dikombinasikan dengan Giffler and Thomson. Algoritma genetika merupakan salah satu metode optimasi dengan menyelesaikan masalah job-shop secara optimal. Tahapan proses genetika meliputi proses seleksi, proses persilangan dan proses mutasi untuk mencari solusi yang paling optimum dari banyak kemungkinan kombinasi solusi yang dibutuhkan, dimana proses pengurutan panjadwalan menggunakan Giffler and Thomson. Hasil yang diperoleh dari optimasi jadwal yang ada di PT Horison dan Gill Java berhasil meningkatkan efisiensi sebesar 0.9%. Untuk penelitian lebih lanjut dapat dioptimalkan dalam hal ketidakpastian yang terjadi pada proses penjadwalan termasuk gangguan mesin, kekurangan bahan baku, tidak adanya operator dan lain-lain.

    Item Type: Article
    Subjects: T Technology > Teknik Informatika
    Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Ilmu Komputer > Teknik Informatika
    Divisions: Fakultas Ilmu Komputer
    Depositing User: Psi Udinus
    Date Deposited: 13 Dec 2017 16:49
    Last Modified: 13 Dec 2017 16:49
    URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/23186

    Actions (login required)

    View Item