UDiNus Repository

Sistem Rekomendasi untuk memprediksi Jumlah Produksi Jenang di PT Menara Jenang Kudus Menggunakan Metode Logika Fuzzy Tsukamoto

TATAK, AZMI ULUL (2017) Sistem Rekomendasi untuk memprediksi Jumlah Produksi Jenang di PT Menara Jenang Kudus Menggunakan Metode Logika Fuzzy Tsukamoto. Skripsi,Fakultas Ilmu Komputer.

[img]
Preview
PDF
Download (4Kb) | Preview

    Abstract

    PT. Menara Jenang Kudus adalah perusahaan yang bergerak di bidang kuliner khususnya jenang. Perusahaan ini berlokasi di desa kaliputu kota Kudus. Proposal tugas akhir ini akan membahas tentang permasalahan yang terjadi pada PT. Menara Jenang Kudus yaitu kesulitan dalam memprediksi jumlah produksi Jenang perbulannya. Karena dalam setiap bulannya penjualan jenang meningkat dan pihak perusahaan hanya mengandalkan perhitungan secara manual untuk menentukan jumlah produksi jenang perbulannya. Dengan menggunakan perhitungan secara manual kadang terjadi kelebihan produksi yang mengakibatkan jenang menjadi basi karena perihitungannya tidak sesuai dengan yang diinginkan. Kesulitan ini yang kadang di alami PT. Menara Jenang Kudus dalam menentukan prediksi jumlah produksi Jenang perbulannya. Untuk dapat mengatasi permasalahan ini dan membantu mempermudah dalam memprediksi jumlah produksi Jenang perbulannya, maka diperlukan sistem untuk memprediksi secara otomatis menggunakan kecerdasan buatan. Fuzzy Logic adalah sebuah metodologi penelitian dengan menggunakan variabel kata-kata sebagai pengganti berhitung dengan bilangan. Dengan fuzzy logic, sistem kepakaran manusia bisa diimplementasikan ke dalam bahasa mesin secara mudah dan efisien. Hasil perhitungan sistem tidak jauh beda dengan hasil perhitungan yang dilakukan secara manual, hal ini di tunjukan dengan tabel Mean Squared Eror dengan hasil eror di bawah 1. Sehingga, tanpa mengurangi ketepatan dalam perhitungan, sistem dapat digunakan untuk menghemat waktu dalam menghitung jumlah prediksi dalam memproduksi jenang perbulannya.

    Item Type: Article
    Subjects: T Technology > Teknik Informatika
    Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Ilmu Komputer > Teknik Informatika
    Divisions: Fakultas Ilmu Komputer
    Depositing User: Psi Udinus
    Date Deposited: 13 Dec 2017 16:49
    Last Modified: 13 Dec 2017 16:49
    URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/23188

    Actions (login required)

    View Item