UDiNus Repository

SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN MENENTUKAN KELAS UNGGULAN BAGI SISWA BARU SMP 2 KUDUS MENGGUNAKAN METODE FUZZY SIMPLE ADDITIVE WEIGHTING

FIRMAN, SYAHRIZAL (2017) SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN MENENTUKAN KELAS UNGGULAN BAGI SISWA BARU SMP 2 KUDUS MENGGUNAKAN METODE FUZZY SIMPLE ADDITIVE WEIGHTING. Skripsi,Fakultas Ilmu Komputer.

[img]
Preview
PDF
Download (4039b) | Preview

    Abstract

    Di dalam sistem pendidikan yang berlaku di Indonesia kemampuan setiap individu diukur oleh nilai yang didapat selama menempuh bangku pendidikan, siswa yang baru masuk ke dalam ranah sekolah menengah pertama pastinya memiliki kemampuan belajar yang berbeda-beda oleh sebab itu hal yang sangat penting dalam proses belajar mengajar adalah pengelompokan kelas yang tepat bagi siswa tersebut. Pengelompokan kelas ini bertujuan agar di setiap kelas memiliki siswa yang mempunyai kemampuan belajar yang hampir sama, sehingga pengajar akan dapat lebih mudah menentukan standar pengajarannya kepada setiap siswa di kelas yang telah ditentukan oleh kemampuan siswa kelas tersebut, diharapkan siswa dapat menerima materi pembelajaran secara optimal. Sistem pendukung keputusan pemilihan kelas bagi siswa baru SMP 2 Kudus dengan menggunakan metode Fuzzy Simple Additive Weighting (SAW) menghasilkan data sesuai dengan apa yang diharapkan yaitu berupa informasi mengenai perankingan siswa baru dengan urutan yang benar. Sistem pendukung keputusan ini dapat dikembangkan lebih lanjut dengan pengolahan data siswa baru yang lebih banyak dan luas, sehingga nantinya aplikasi ini dapat digunakan sebagai salah satu gambaran dalam pengambilan keputusan pemilihan kelas bagi siswa baru SMP 2 Kudus dengan tepat dan akurat.

    Item Type: Article
    Subjects: T Technology > Teknik Informatika
    Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Ilmu Komputer > Teknik Informatika
    Divisions: Fakultas Ilmu Komputer
    Depositing User: Psi Udinus
    Date Deposited: 13 Dec 2017 16:52
    Last Modified: 13 Dec 2017 16:52
    URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/23223

    Actions (login required)

    View Item