UDiNus Repository

Identifikasi Kematangan Buah Tomat Larisa menggunakan Algoritma K-Means studi kasus pada Perkebunan Tomat Larisa Bandungan, Kabupaten Semarang

AMIN, KARIM ROSYID (2017) Identifikasi Kematangan Buah Tomat Larisa menggunakan Algoritma K-Means studi kasus pada Perkebunan Tomat Larisa Bandungan, Kabupaten Semarang. Skripsi,Fakultas Ilmu Komputer.

[img]
Preview
PDF
Download (3798b) | Preview

    Abstract

    Proses identifikasi buah-buahan secara tradisional mengalami banyak kendala akibat sifat manusia yang mempunyai kelemahan yang menyebabkan hasil yang diinginkan tidak efektif. Kemajuan teknologi komputer telah menyentuh dunia pertanian dari segi sebelum panen maupun pasca panen. Di sini timbul permasalahan bagaimana mengenali buah sehingga sesuai dengan kondisi nyata. Kondisi buah tomat larisa ditentukan oleh tingkat kematangan yang dilihat dari sisi warnanya. Klasifikasi yang lakukan oleh petani biasanya mengelompokkan tomat larisa dalam katagori matang, matang sedang dan mentah. Metode pengolahan citra mempunyai kemampuan untuk menganalisa kondisi kematangan pepaya dengan menggunakan nilai Red, Green, Blue (RGB) sebagai acuan. Penentuan klasifikasi dengan metode K-means clustering yang menggunakan selisih jarak eucludian sebagai acuannya. Untuk hasil pada penelitian kali ini adalah sebesar 77%. Sehingga dapat disimpulkan metode K-means Clustering bisa digunakan untuk proses sortir buah.

    Item Type: Article
    Subjects: T Technology > Teknik Informatika
    Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Ilmu Komputer > Teknik Informatika
    Divisions: Fakultas Ilmu Komputer
    Depositing User: Psi Udinus
    Date Deposited: 13 Dec 2017 16:53
    Last Modified: 13 Dec 2017 16:53
    URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/23237

    Actions (login required)

    View Item