UDiNus Repository

Penerapan Data Mining untuk Menentukan Estimasi Penggunaan Bahan Bakar Minyak dengan Menggunakan Algoritma Regresi Linier di Kantor Perwakilan Bank Indonesia Di Semarang

SYAMSUL, ARIFIN (2017) Penerapan Data Mining untuk Menentukan Estimasi Penggunaan Bahan Bakar Minyak dengan Menggunakan Algoritma Regresi Linier di Kantor Perwakilan Bank Indonesia Di Semarang. Skripsi,Fakultas Ilmu Komputer.

[img]
Preview
PDF
Download (3914b) | Preview

    Abstract

    Bahan bakar minyak adalah bahan bakar yang berasal dan/atau diolah dari minyak bumi. BBM yang sering digunakan untuk kendaraan bermotor roda dua antara lain premium dan pertamax. Di Kantor Perwakilan Bank Indonesia Semarang penggunaan bahan bakar minyak dari tahun ketahun yang selalu mengalami kenaikan 10% dari anggaran tahun sebelumnya dan kebutuhan yang selalu berbeda beda tiap tahunnya menyebabkan anggaran pertahun selalu mengalami kenaikan. Kantor Perwakilan Bank Indonesia Semarang Unit Logistik, Sekretariat dan Anggaran, penggunaan bahan bakar minyak selalu mendekati anggaran dari total anggaran yang sudah ada. Mengharuskan Unit Logistik, Sekretariat dan Anggaran menghitung ulang semua penggunaan bahan bakar minyak setiap tahun. Penelitian ini yang mendasari penulis untuk membuat sistem yang bisa digunakan untuk memprediksi penggunaan (BBM) ditahun berikutnya menggunakan metode Liner Regresi Sederhana untuk membantu dalam perhitungan. Linier Regresi Sederhana adalah Metode Statistik yang berfungsi untuk menguji sejauh mana hubungan sebab akibat antara Variabel Faktor Penyebab (X) terhadap Variabel Akibatnya. Faktor Penyebab pada umumnya dilambangkan dengan X atau disebut juga dengan Predictor sedangkan Variabel Akibat dilambangkan dengan Y atau disebut juga dengan Response.

    Item Type: Article
    Subjects: T Technology > Teknik Informatika
    Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Ilmu Komputer > Teknik Informatika
    Divisions: Fakultas Ilmu Komputer
    Depositing User: Psi Udinus
    Date Deposited: 13 Dec 2017 16:53
    Last Modified: 13 Dec 2017 16:53
    URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/23242

    Actions (login required)

    View Item