UDiNus Repository

PEMODELAN PENGELOMPOKAN KELAS SISWA BERDASARKAN NILAI MATA PELAJARAN MENGGUNAKAN METODE CLUSTERING DENGAN ALGORITMA FUZZY C-MEANS PADA SMA PANGUDI LUHUR DON BOSKO SEMARANG

EKSHA, ADITIYA RIZQY (2017) PEMODELAN PENGELOMPOKAN KELAS SISWA BERDASARKAN NILAI MATA PELAJARAN MENGGUNAKAN METODE CLUSTERING DENGAN ALGORITMA FUZZY C-MEANS PADA SMA PANGUDI LUHUR DON BOSKO SEMARANG. Skripsi,Fakultas Ilmu Komputer.

[img]
Preview
PDF
Download (4006b) | Preview
    [img] Image (JPEG)
    Download (0b)
      [img]
      Preview
      PDF
      Download (84Kb) | Preview
        [img]
        Preview
        PDF
        Download (23Kb) | Preview
          [img]
          Preview
          PDF
          Download (62Kb) | Preview
            [img]
            Preview
            PDF
            Download (54Kb) | Preview
              [img]
              Preview
              PDF
              Download (78Kb) | Preview
                [img]
                Preview
                PDF
                Download (67Kb) | Preview
                  [img]
                  Preview
                  PDF
                  Download (50Kb) | Preview
                    [img]
                    Preview
                    PDF
                    Download (54Kb) | Preview
                      [img]
                      Preview
                      PDF
                      Download (142Kb) | Preview
                        [img]
                        Preview
                        PDF
                        Download (50Kb) | Preview
                          [img]
                          Preview
                          PDF
                          Download (53Kb) | Preview

                            Abstract

                            Dalam meningkatkan kualitas siswa-siswi pada sekolah SMA Pangudi Luhur Don Bosko Semarang diperlukan pengelompokan kelas siswa berdasarkan nilai mata pelajaran dikarenakan para guru hanya pada siswa - siswi yang dirasa mampu untuk mengembangkan kemampuannya. Sehubungan dengan hal tersebut pihak sekolah berharap dengan adanya pengelompokan kelas siswa berdasarkan nilai mata pelajaran dapat mempermudah pihak sekolah dalam meningkatkan kualitas siswa-siswinya. Adapun penelitian ini menggunakan metode clustering algoritma Fuzzy C-Means dengan menggunakan 1000 data nilai siswa menggunakan instrumentasi penelitian berupa wawancara dan dokumentasi pada tahun ajaran 2014 - 2015 di SMA Pangudi Luhur Don Bosko Semarang. Dengan menggunakan metode clustering algoritma Fuzzy C-Means (FCM) diharapkan dapat membantu pihak sekolah dalam pengelompokan kelas siswa selama menempuh pendidikan di SMA berdasarkan data nilai setiap mata pelajaran. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pengelompokan kelas menggunakan metode clustering algoritma Fuzzy C-Means pada SMA Pangudi Luhur Don Bosko Semarang menghasilkan rancangan tiga kelompok kelas berdasarkan nilai rata-rata mata pelajaran yaitu kelompok/cluster pertama beranggotakan siswa dengan nilai diatas 80, kelompok/cluster kedua beranggotakan siswa dengan nilai 75 sampai dengan 80, dan kelompok/cluster ketiga beranggotakan siswa dengan nilai dibawah 75.

                            Item Type: Article
                            Subjects: Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Ilmu Komputer > Sistem Informasi
                            Divisions: Fakultas Ilmu Komputer
                            Depositing User: Psi Udinus
                            Date Deposited: 13 Dec 2017 16:55
                            Last Modified: 13 Dec 2017 16:55
                            URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/23256

                            Actions (login required)

                            View Item