AZAM, KAMAL FAIZ (2017) TEXT MINING UNTUK ANALISA SENTIMENT EKSPEDISI JASA PENGIRIMAN BARANG MENGGUNAKAN METODE NAIVE BAYES PADA APLIKASI J&T EXPRESS. Skripsi,Fakultas Ilmu Komputer.
Abstract
Seiring perkembangan zaman, pertumbuhan teknologi informasi yang sangat pesat memberikan dampak positif bagi perusahaan yang bergerak dalam bidang industri, penjualan dan jasa. Pada akhirnya berujung pada meningkatnya kebutuhan jasa pengiriman barang (ekspedisi). J&T Express merupakan perusahaan ekspedisi terbesar di Indonesia karena memiliki akses yang sangat luas sehingga sangat memudahkan masyarakat untuk hal mengirim barang. Sentiment Analysis, atau disebut juga opinion mining, merupakan bidang studi yang menganalisis opini, sentimen, evaluasi, penilaian, sikap dan emosi publik terhadap suatu entitas seperti produk, pelayanan, organisasi, individu, masalah, peristiwa, topik, dan atributnya. Salah satu metode yang akan digunakan dalam analisa sentimen penelitian ini yaitu Naïve Bayes Classifier. Metode evaluasi yang digunakan adalah confusion matrix. Hasil proses klasifikasi menggunakan algoritma klasifikasi Naive Bayes terhadap 300 komentar menghasilkan tingkat akurasi sebesar 91%.
Actions (login required)