UDiNus Repository

Implementasi Web Service dengan Metode Representational State Transfer (REST) untuk Integrasi Data Transaksi di PT. Meliana Perkasa Sejahtera (MPS)

DENIYA, RANIASTRI (2017) Implementasi Web Service dengan Metode Representational State Transfer (REST) untuk Integrasi Data Transaksi di PT. Meliana Perkasa Sejahtera (MPS). Skripsi,Fakultas Ilmu Komputer.

[img]
Preview
PDF
Download (3842b) | Preview

    Abstract

    Sebuah perusahaan harus mampu memanfaatkan kemajuan teknologi dan informasi yang saat ini tengah terjadi sebagai salah satu sarana pendukung proses bisnis yang dimilikinya. PT. Meliana Perkasa Sejatera (MPS) memiliki database dan website yang bersifat tidak terpusat. Hal tersebut menimbulkan adanya kesulitan dalam melakukan pengecekan data transaksi secara terpusat dikarenakan sistem database dan website pada tiap cabang perusahaan yang berbeda-beda, serta diperparah dengan tidak adanya integrasi antara satu database dengan database lainnya. Sehingga untuk melakukan pengecekan data transaksi membutuhkan waktu yang lama. Berdasarkan permasalahan tersebut, salah satu kemajuan teknologi yang dapat mengatasinya adalah dengan mengimplementasikan teknologi web service dengan metode REST yang bertujuan untuk memungkinkan dilakukannya pengecekan data transaksi secara terpusat walaupun PT. Meliana Perkasa Sejahtera (MPS) memiliki database yang berbeda-beda di dalam website yang berbeda-beda pula. Pada penelitian ini diharapkan penulis mampu menghasilkan sebuah website yang bersifat terpusat dengan memanfaatkan web service metode REST dalam proses pengambilan datanya dengan tujuan untuk menggabungkan atau menyatukan data-data tersebut walaupun berasal dari database yang berbeda-beda.

    Item Type: Article
    Subjects: T Technology > Teknik Informatika
    Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Ilmu Komputer > Teknik Informatika
    Divisions: Fakultas Ilmu Komputer
    Depositing User: Psi Udinus
    Date Deposited: 13 Dec 2017 16:57
    Last Modified: 13 Dec 2017 16:57
    URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/23268

    Actions (login required)

    View Item