UDiNus Repository

IMPLEMENTASI SISTEM LOKASI PARKIR PADA PUSAT PEMBELANJAAN (MALL) UNTUK KENDARAAN RODA EMPAT MENGGUNAKAN METODE TEMPLATE MATCHING

LUTHFIA, KUSUMAWARDHANI DIBA (2017) IMPLEMENTASI SISTEM LOKASI PARKIR PADA PUSAT PEMBELANJAAN (MALL) UNTUK KENDARAAN RODA EMPAT MENGGUNAKAN METODE TEMPLATE MATCHING. Skripsi,Fakultas Ilmu Komputer.

[img]
Preview
PDF
Download (4Kb) | Preview

    Abstract

    Penyediaan tempat parkir sangat di butuhkan dalam sistem lalu lintas, seperti halnya area parkir dibutuhkan di tempat umum, kantor ataupun pusat pembelanjaan (mall), Jumlah mobil yang semakin bertambah maka akan semakin sulit mencari area parkir untuk kendaraan mobil. Kurangnya informasi tentang area parkir yang kosong dan sudah terisi mengakibatkan pengguna jasa parkir terjebak terlalu lama di area parkir untuk memarkirkan kendaraannya. Kebanyakan pusat pembelanjaan besar (mall) hanya menggunakan sistem pakir otomatis di mana palang parkir otomatis dapat terbuka ketika pengemudi menekan tombol tiket pada sistem yang telah di sediakan. Pengenalan area parkir untuk mengetahui apakah area tersebut sudah terisi atau masih kosong juga penting untuk membantu pengendara yang akan memasuki lokasi area parkir mall tersebut. Diteksi tepi (sobel) merupakan Sebuah proses yang di lakukan untuk mengetahui hasil segmentasi pada sebuah objek citra digital. Template matching, merupakan salah satu ide yang di gunakan untuk menjelaskan bagian otak dapat mengenali kembali bentuk-bentuk atau pola dari suatu gambar template dalam konteks rekognisi pola menunjuk suatu kontruk pada internal yang jika cocok (match). salah satu ide yang di gunakan untuk menjelaskan bagian otak dapat mengenali kembali bentuk-bentuk atau pola dari suatu gambar template dalam konteks rekognisi pola menunjuk suatu kontruk pada internal yang jika cocok (match). Berdasarkan latar belakang permasalahan yang di bahas penelitian ini menggunakan metode template matching dan diteksi tepi (sobel). Template matching dan diteksi tepi (sobel) menjadi metode yang di pilih karena memiliki keunggulan untuk mengolah suatu citra digital.

    Item Type: Article
    Subjects: T Technology > Teknik Informatika
    Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Ilmu Komputer > Teknik Informatika
    Divisions: Fakultas Ilmu Komputer
    Depositing User: Psi Udinus
    Date Deposited: 13 Dec 2017 16:57
    Last Modified: 13 Dec 2017 16:57
    URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/23276

    Actions (login required)

    View Item