UDiNus Repository

Pengembangan Alat Pemodelan UML (Unified Modeling Language) Berorientasi Objek untuk Pendidikan

HARIZA, SEKARTAJI (2017) Pengembangan Alat Pemodelan UML (Unified Modeling Language) Berorientasi Objek untuk Pendidikan. Skripsi,Fakultas Ilmu Komputer.

[img]
Preview
PDF
Download (3876b) | Preview

    Abstract

    Dalam membangun perangkat lunak, siswa tidak hanya memikikan siklus pengembangan perangkat lunak tetapi juga memodelkan masalah dan solusi dari dunia nyata ke bentuk model komputer, namun sebagian besar siswa mengalami kesulitan dalam merancang. Alat pemodelan yang sudah ada memiliki kompleksitas yang tinggi dan berada di bawah lisensi sehingga siswa tidak bisa secara leluasa menggunkan alat tersebut. Alat pemodelan Light Case yang akan dibangun berbasis website dan open access serta memiliki tampilan yang sederhana. Penelitian ditujukan untuk mahasiswa Teknik Informatika Universitas Dian Nuswantoro yang telah mendapatkan mata kuliah Rekayasa Perangkat Lunak, dengan menggunkan metode prototype dalam pengembangan sistem diharapkan pengguna dapat melihat wujud perangkat lunak, meskipun sederhana dan dapat dikembangkan lagi untuk pengembangan perangkat lunak selanjutnya. Berdasarkan hasil evaluasi, dapat disimpulkan bahwa pengguna menyetujui kinerja sistem Light Case baik, dengan prosentase "Sangat Setuju" dan "Setuju" 93% responden. Sedangkan prosentase "Tidak Setuju" dan "Sangat Tidak Setuju" 7% responden. Kemudahan penggunaan dengan prosentase "Sangat Setuju" dan "Setuju" 91% responden. Sedangkan "Tidak Setuju" dan "Sangat Tidak Setuju" 9% responden. Kepuasan pengguna "Sangat Setuju" dan "Setuju" 90% responden. Sedangkan "Tidak Setuju" dan "Sangat Tidak Setuju" 10% responden.

    Item Type: Article
    Subjects: T Technology > Teknik Informatika
    Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Ilmu Komputer > Teknik Informatika
    Divisions: Fakultas Ilmu Komputer
    Depositing User: Psi Udinus
    Date Deposited: 13 Dec 2017 16:58
    Last Modified: 13 Dec 2017 16:58
    URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/23283

    Actions (login required)

    View Item