ALYN, SARI NURMALA (2017) DATA MINING UNTUK MENENTUKAN MARKET STRATEGY CALON MAHASISWA BARU MENGGUNAKAN ALGORITMA APRIORI (STUDI KASUS : UNIVERSITAS DIAN NUSWANTORO). Skripsi,Fakultas Ilmu Komputer.
Abstract
Universitas Dian Nuswantoro (UDINUS) merupakan perguruan tinggi swasta terfavorit ketiga se-Indonesia, dimana calon mahasiswa baru mendapat informasi tentang UDINUS melalui media promosi. Faktor media promosi yang efektif di setiap kabupaten/kota sangatlah mempengaruhi minat calon mahasiswa dari MA/SMA/SMK dalam memutuskan untuk mendaftar ke perguruan tinggi. Maka tim promosi harus mengetahui media promosi mana saja yang lebih diminati oleh calon mahasiswa untuk meningkatkan jumlah calon mahasiswa yang mendaftar ke UDINUS. Namun dalam pelaksanaannya, belum diketahui media promosi mana yang lebih diminati sehingga belum ada media promosi yang diutamakan pada kabupaten/kota tertentu. Hal ini tentu akan memakan waktu dan biaya yang lebih banyak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui media promosi mana yang diminati mahasiswa dari MA/SMA/SMK di kabupaten/kota tertentu. Oleh karena itu, digunakanlah metode data mining, yaitu association rules algoritma apriori untuk mengetahui keterkaitan antara program studi yang dipilih oleh mahasiswa dengan sekolah asal, kota sekolah calon mahasiswa dan media promosi yang diminati. Maka didapat hasil rule dengan masukan min support 0.5% dan confidence 50% sebanyak 8 rules. Dengan support terbesar 0.019 dan confidence 0.571, yaitu S1 Teknik Informatika SMA Semarang maka Media Elektronik. Dimana rule tersebut memiliki nilai Lift sebesar 1.41 yang artinya rule tersebut valid karena nilai liftnya > 1.
Actions (login required)