UDiNus Repository

PERBANDINGAN KATEGORISASI DOKUMEN DENGAN ALGORITMA K-NN DAN KATEGORISASI BERBASIS ONTOLOGI PADA KONTEN WEBSITE E-GOVERNMENT DAERAH JAWA TENGAH

MUHAMAD, FARIKHIN (2017) PERBANDINGAN KATEGORISASI DOKUMEN DENGAN ALGORITMA K-NN DAN KATEGORISASI BERBASIS ONTOLOGI PADA KONTEN WEBSITE E-GOVERNMENT DAERAH JAWA TENGAH. Skripsi,Fakultas Ilmu Komputer.

[img]
Preview
PDF
Download (3943b) | Preview

    Abstract

    Peningkatan volume informasi yang disertai dengan perkembangan teknologi informasi merupakan peluang bagi pemerintah dalam mengelola informasi sehingga dapat dimanfaatkan dengan mudah oleh masyarakat. E-Gov merupakan upaya mengembangkan penyelenggaraan pemerintah yang berbasis elektronik dalam rangka mewujudkan Electronic Government for Good Governance. dengan memanfaatkan ketersediaan informasi. Informasi yang semakin meningkat pada website pemerintahan daerah Jawa Tengah mengakibatkan masyarakat kesulitan dalam memilah informasi. Pada penelitan ini informasi pemerintahan yang diperoleh dari website pemerintahan daerah Jawa Tengah dikategorikan kedalam 10 kategori urusan wajib pemerintah daerah. Proses kategorisasi dilakukan dengan dua pendekatan yaitu menggunakan algoritma K-Nearest Neighbors dan kategorisasi berbasis ontologi. Dua metode tersebut kemudian dibandingkan untuk memperoleh pendekatan dengan akurasi tertinggi untuk dimanfaatkan pada proses otomatisasi pengkategorian konten e-Gov daerah Jawa Tengah. Berdasarkan eksperimen yang telah dilakukan akurasi tertinggi diperoleh pada metode K-NN dengan akurasi global 72,79% pada k = 7. Sedangkan pada kategorisasi berbasis ontologi diperoleh akurasi 69,85 %.

    Item Type: Article
    Subjects: T Technology > Teknik Informatika
    Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Ilmu Komputer > Teknik Informatika
    Divisions: Fakultas Ilmu Komputer
    Depositing User: Psi Udinus
    Date Deposited: 13 Dec 2017 16:58
    Last Modified: 13 Dec 2017 16:58
    URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/23288

    Actions (login required)

    View Item