UDiNus Repository

Self Assessment Sistem Informasi Manajemen Anggaran Pendapatan Belanja Sekolah (SIM - APBS) online Berdasarkan Framework COBIT 4.1 Domain DS7 (Educating and Training Users) Pada Dinas Pendidikan Kota Semarang

FETTI, NUR DYAH (2017) Self Assessment Sistem Informasi Manajemen Anggaran Pendapatan Belanja Sekolah (SIM - APBS) online Berdasarkan Framework COBIT 4.1 Domain DS7 (Educating and Training Users) Pada Dinas Pendidikan Kota Semarang. Skripsi,Fakultas Ilmu Komputer.

[img]
Preview
PDF
Download (3949b) | Preview

    Abstract

    Penyusunan anggaran pendapatan belanja sekolah (APBS) pada sekolah dasar negeri di Kota Semarang telah difasilitasi oleh Dinas Pendidikan Kota Semarang melalui Sistem Informasi berupa SIM –APBS online. Pada pelaksanaannya terdapat berbagai permasalahan dari para operator di sekolah yang terkait pada kemampuan SDM operator. Pada penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kematangan dan tingkat harapan terkait pelatihan dan pendidikan pengguna (DS7) SIM – APBS online. Pengumpulan data pada penelitian ini dilakukan melalui studi dokumen, wawancara serta kuesioner. Data yang diperoleh diolah dan dianalisis menggunakan COBIT 4.1 untuk mengetahui tingkat kematangan dan tingkat harapan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat kematangan pada level 2, ini berarti bahwa terjadi ketidak konsistenan pada operator sekolah dasar negeri. Masih terdapat beberapa sekolah yang menginput data tidak lengkap. Untuk meningkatkan pencapaian pada level 4 maka Dinas Pendidikan Kota Semarang perlu membuat kebijakan dan prosedur dalam pelatihan dan pendidikan tenaga operator sekolah dasar agar dalam pelaksanaan input data tenaga operator sekolah dapat melaksanakan secara konsisten dan terintegrasi.

    Item Type: Article
    Subjects: Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Ilmu Komputer > Sistem Informasi
    Divisions: Fakultas Ilmu Komputer
    Depositing User: Psi Udinus
    Date Deposited: 13 Dec 2017 16:59
    Last Modified: 13 Dec 2017 16:59
    URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/23294

    Actions (login required)

    View Item