UDiNus Repository

ANALISIS TATA KELOLA TEKNOLOGI INFORMASI PADA PENERAPAN SISTEM OTOMASI INTEGRATED LIBRARY SYSTEM (INLIS Lite) BERDASARKAN KERANGKA KERJA COBIT 5 (MEA02) PADA DINAS KEARSIPAN DAN PERPUSTAKAAN PROVINSI JAWA TENGAH

DEVI, NUR RATNA (2017) ANALISIS TATA KELOLA TEKNOLOGI INFORMASI PADA PENERAPAN SISTEM OTOMASI INTEGRATED LIBRARY SYSTEM (INLIS Lite) BERDASARKAN KERANGKA KERJA COBIT 5 (MEA02) PADA DINAS KEARSIPAN DAN PERPUSTAKAAN PROVINSI JAWA TENGAH. Skripsi,Fakultas Ilmu Komputer.

[img]
Preview
PDF
Download (4Kb) | Preview

    Abstract

    ABSTRAK Dinas Kearsipan dan Perpustakan Perpustakaan Provinsi Jawa Tengah sebagai perumus dan penyelenggara bidang kearsipan, pembina sekaligus sebagai pihak pemantau bidang kearsipan, serta sebagai pelaksana sesuai tugas dan fungsinya telah mengimplementasikan sebuah sistem yang telah diterapkan untuk kemudahan dalam kegiatan otomasi perpustakaan sebagai tool perpustakaan digital untuk mengelola koleksi full teks dan multimedia yang disebut sistem INLIS Lite (Integrated Library System). Permasalahan yang ditemukan saat ini yaitu melihat banyaknya jenis koleksi buku sehingga data yang diolah memungkinkan terjadi kesalahan dalam penginputan data, jaringan intenet yang tidak stabil dan beberapa faktor lainnya seperti tingkat SDM dan anggaran sehingga belum diterapkan secara optimal. Berdasarkan hal tersebut, Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Provinsi Jawa Tengah berupaya meningkatkan kualitas kinerja sistem INLIS Lite untuk meminimalisir terjadinya kesalahan dan meningkatkan kualitas pelayanan. Dari hasil studi dokumen, wawancara dan kuesioner berdasarkan COBIT 5 menghasilkan tingkat kapabilitas tata kelola proses pengawasan, evaluasi dan pengendalian internal(MEA02) pada Dinas Kearsipan dan Perpustakan Provinsi Jawa Tengah saat ini berada pada level 2 dengan status Largely Achieved) atau setara dengan 2,78. Dalm level 0 dan 1 telah mencapai status Fully Achieved) hal ini menunjukkan bahwa sebagian besar telah mengelola dengan baik proses pengawasan, evaluasi dan pengendalian internal dan diimplementasikan untuk mendukung proses kinerja sesuai standar yang efektif dan efisien. Untuk mencapai target yang lebih baik, Dinas Kearsipan dan Perpustakan Provinsi Jawa Tengah dapat melakukan strategi perbaikan dengan memperhatikan secara bertahap dari proses atriut level 1 sampai level 3.

    Item Type: Article
    Subjects: Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Ilmu Komputer > Sistem Informasi
    Divisions: Fakultas Ilmu Komputer
    Depositing User: Psi Udinus
    Date Deposited: 13 Dec 2017 16:59
    Last Modified: 13 Dec 2017 16:59
    URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/23298

    Actions (login required)

    View Item