UDiNus Repository

IMPLEMENTASI DATA MINING KLASIFIKASI DENGAN MENGGUNAKAN ALGORITMA C4.5 PADA DATA NASABAH KREDIT DI KOPERASI SERBA USAHA (KSU) ARTHA JAYA MANDIRI JUWANA

DESIX, WIYOGA (2017) IMPLEMENTASI DATA MINING KLASIFIKASI DENGAN MENGGUNAKAN ALGORITMA C4.5 PADA DATA NASABAH KREDIT DI KOPERASI SERBA USAHA (KSU) ARTHA JAYA MANDIRI JUWANA. Skripsi,Fakultas Ilmu Komputer.

[img]
Preview
PDF
Download (3673b) | Preview

    Abstract

    Berdirinya koperasi memiliki peran penting sebagai badan usaha yang bergerak dibidang perekonomian.Mengetahui nasabah yang melakukan kredit, dengan nasabah kategori kredit macet atau lancar. dalam prosesnya sering terjadi masalah, terutama masalah kredit, seperti saat melakukan proses simpan pinjam, dan nasabah tidak dapat membayar kredit dengan tepat dalam waktu yang sudah disepakati oleh KSU Artha Jaya Mandiri. Dalam penelitian ini menggunakan teknik data mining dengan algoritma C4.5. Penelitian ini bertujuan mengimplementasikan data mining klasifikasi pada data nasabah kredit yang menggunakan 10 atribut, hasil pembobotan dari 10 atribut yang digunakan, hanya 4 atribut yang mempengaruhi pola pohon keputusan dan Hasil pemodelan ini kemudian diolah dengan menggunakan algoritma C4.5 dan menghasilkan aturan yang harus diterapkan pada pelaksanaan sistem klasifikasi.

    Item Type: Article
    Subjects: T Technology > Teknik Informatika
    Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Ilmu Komputer > Teknik Informatika
    Divisions: Fakultas Ilmu Komputer
    Depositing User: Psi Udinus
    Date Deposited: 13 Dec 2017 16:59
    Last Modified: 13 Dec 2017 16:59
    URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/23301

    Actions (login required)

    View Item