UDiNus Repository

SISTEM PENGAMBILAN KEPUTUSAN PEMINJAMAN KREDIT DENGAN MENGGUNAKAN FUZZY MULTI-ATTRIBUTE SIMPLE ADDITIVE WEIGHTING (SAW) BERBASIS ANDROID

IRFAN, SUGIARTO NURUDIN (2017) SISTEM PENGAMBILAN KEPUTUSAN PEMINJAMAN KREDIT DENGAN MENGGUNAKAN FUZZY MULTI-ATTRIBUTE SIMPLE ADDITIVE WEIGHTING (SAW) BERBASIS ANDROID. Skripsi,Fakultas Ilmu Komputer.

[img]
Preview
PDF
Download (4Kb) | Preview

    Abstract

    Resiko kredit merupakan sebuah kegagalan dalam memenuhi kewajiban sesuai ketentuan yang telah disepakati, merupakan kendala utama dalam proses perkreditan. Banyak cara untuk mengatasi masalah yang sangat klasik tersebut diantaranya adalah dengan cara Evaluasi resiko kredit dimana ada sebuah masalah yang sangat menantang dan penting dalam identitas analisis keuangan untuk memecahkan sebuah permasalahan. Salah satu cara pemecahan masalah dalam Evaluasi resiko kredit adalah dengan menggunakan metode klasifikasi. Namun, pada metode ini banyak tidak disetujui oleh para ahli karena memiliki berbagai alasan yang kurang efektif pada penggunaanya.Dalam upaya peningkatan efektifitas penggunan metode penulis melakukan ujicoba dengan menggunakan metode Fuzzy Multi-Attribute Decision Making (FMADM) yang menggunakan Simple Additive weighting (SAW). Metode tersebut merupakan salah satu cara untuk pengambilan keputusan yang menggunakan sistem pembobotan yang sangat sederhana. Dengan menggunakan metode ini diharapkan dapat membantu dalam proses pengambilan keputusan pada lembaga koperasi untuk mengatasi kendala resiko kredit dengan cara menseleksi data calon kreditur pada lembaga koperasi, apakah layak atau tidak untuk diberikan pinjaman kredit.Kemajuan teknologi informasi yang cepat, terutama pada bidang mobile tidak dapat terelakkan lagi dikarenakan sudah hampir menyentuh semua kalangan di Indonesia. Dengan adanya permasalahan serta cara penyelesaian yang efektif maka dibuatlah aplikasi pengambilan keputusan berbasis mobile android.diharapkan dapat meningkatkan efektifitas penggunaan aplikasi yang sudah ada sebelumnya.

    Item Type: Article
    Subjects: T Technology > Teknik Informatika
    Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Ilmu Komputer > Teknik Informatika
    Divisions: Fakultas Ilmu Komputer
    Depositing User: Psi Udinus
    Date Deposited: 13 Dec 2017 17:00
    Last Modified: 13 Dec 2017 17:00
    URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/23304

    Actions (login required)

    View Item