UDiNus Repository

Analisa Tingkat Robustness pada Citra Terkenkripsi dengan Algoritma Arnold Cat Map (ACM) dan Metode End of File (EoF) Terhadap Perubahan Kontras

DIMAS, PRAYOGO GILANG (2017) Analisa Tingkat Robustness pada Citra Terkenkripsi dengan Algoritma Arnold Cat Map (ACM) dan Metode End of File (EoF) Terhadap Perubahan Kontras. Skripsi,Fakultas Ilmu Komputer.

[img]
Preview
PDF
Download (3803b) | Preview

    Abstract

    Pengujian kualitas citra dari hasil proses pengamanan dengan menggunakan teknik gabungan kriptografi dan steganografi merupakan aspek yang perlu bahkan wajib untuk dilakukan. Penelitian terdahulu menggunakan pengujian noise yang membuat PSNR citra rendah dan citra terenkripsi menjadi rusak, maka diperlukan pengujian lebih lanjut untuk mengetahui kualitas metode yang dipakai. Karena robustness citra sangat rentan terhadap perubahan besar yang dilakukan terhadap piksel citra, maka pada pengujian ini akan menggunakan perubahan pada level kontrasnya. Pengujian ketahanan (robustness) dilakukan kepada citra rekam medis yang telah dienkripsi dengan algoritma Arnold Cat Map (ACM) dan metode End of File (EoF). Pengujian yang dilakukan menghasilkan nilai PSNR yang melebihi angka 90, sebagai perbandingan, nilai PSNR awal yaitu sebesar 35. Angka PSNR tersebut termasuk kategori sangat baik, artinya tidak terdapat derau pada citra. Berdasarkan hasil pengujian pula dapat disimpulkan bahwa koefisien perubahan kontras yang paling baik terdapat pada koefisien G = 1 dan range P = (-40) sampai (-19).

    Item Type: Article
    Subjects: T Technology > Teknik Informatika
    Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Ilmu Komputer > Teknik Informatika
    Divisions: Fakultas Ilmu Komputer
    Depositing User: Psi Udinus
    Date Deposited: 13 Dec 2017 17:00
    Last Modified: 13 Dec 2017 17:00
    URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/23308

    Actions (login required)

    View Item