UDiNus Repository

ACTIONABLE GAMIFICATION BERBASIS FRAMEWORK OCTALYSIS PADA APLIKASI MOBILE “JELAJAH” SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN KESADARAN SEJARAH

MUH., MIRZA (2017) ACTIONABLE GAMIFICATION BERBASIS FRAMEWORK OCTALYSIS PADA APLIKASI MOBILE “JELAJAH” SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN KESADARAN SEJARAH. Skripsi,Fakultas Ilmu Komputer.

[img]
Preview
PDF
Download (4030b) | Preview

    Abstract

    Penetrasi penggunaan aplikasi mobile dalam berbagai aktifitas bisnis yang terus meningkat dan rendahnya tingkat kesadaran sejarah masyarakat di Indonesia mendorong penyelesaian masalah tersebut dengan pendekatan teknologi. Sebagai kontribusi untuk mencapai tujuan tersebut, diawali dengan bagaimana membangun aplikasi mobile kesejarahan dengan penerapan elemen gamifikasi sehingga mampu memberikan keseimbangan motivasi yang baik dalam mempengaruhi pengalaman penggunaannya. Pada penelitian ini, dibahas proses pengembangan aplikasi mobile kesejarahan “Jelajah” dengan menggunakan metode pengembangan RAD (Rapid Application Development) yang dikombinasikan dengan Octalysis Strategy Dashboard sehingga delapan elemen core drive Framework Octalysis dapat diterapkan dengan baik. Hasil dari pengembangan aplikasi dengan memanfaatkan metode yang diajukan terbukti mampu memberikan keseimbangan motivasi antar elemen yang baik saat dilakukan penilaian menggunakan Octalysis-Tools. Meskipun demikian untuk mendapatkan hasil yang lebih maksimal terdapat 2 elemen yang perlu lebih ditingkatkan lagi, yakni pada drive Empowerment of Creativity & Feedback serta drive Loss & Avoidance.

    Item Type: Article
    Subjects: T Technology > Teknik Informatika
    Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Ilmu Komputer > Teknik Informatika
    Divisions: Fakultas Ilmu Komputer
    Depositing User: Psi Udinus
    Date Deposited: 13 Dec 2017 17:02
    Last Modified: 13 Dec 2017 17:02
    URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/23329

    Actions (login required)

    View Item