UDiNus Repository

Perancangan Game Mobile "Finding Gesit" untuk Menumbuhkan Minat Baca Siswa (Studi Kasus di SDIT dan SMPIT Ihsanul Fikri Magelang)

MUHAMMAD, MUFLIH IBRAHIM (2017) Perancangan Game Mobile "Finding Gesit" untuk Menumbuhkan Minat Baca Siswa (Studi Kasus di SDIT dan SMPIT Ihsanul Fikri Magelang). Skripsi,Fakultas Ilmu Komputer.

[img]
Preview
PDF
Download (4Kb) | Preview

    Abstract

    Membaca merupakan kegiatan yang bermanfaat. Membaca dapat meningkatkan pengetahuan, wawasan dan keanekaragaman kosakata. Selain itu membaca dapat meningkatkan kemampuan dalam mengambil keputusan. Membaca baik untuk dijadikan rutinitas harian, apalagi sejak usia anak-anak. Kebiasaan membaca juga harus diiringi dengan bahan bacaan (media) yang baik pula. Salah satu media untuk dijadikan bahan bacaan anak adalah majalah Islam Gesit. Konten majalah ini telah disesuaikan dan dapat dipertanggung jawabkan. Namun dimasa sekarang anak-anak lebih suka membaca lewat smartphone daripada majalah. Berbeda dengan majalah konten dari smartphone tidak semuanya sesuai dan dapat dipertanggung jawabkan. Perancangan game mobile "Finding Gesit" ini dimaksudkan sebagai media pendukung untuk menumbuhkan minat baca anak-anak, khususnya siswa SDIT dan SMPIT Ihsanul Fikri Magelang. Hal ini dikarenakan media yang sudah ada hanya bersifat satu arah dan tidak mendukung anak untuk membaca majalah secara langsung. Data diperoleh dengan cara wawancara, studi pustaka, observasi dan dokumentasi mampu menghasilkan informasi yang berkaitan dengan permasalahan. Metode analisis yang digunakan adalah metode SWOT. Dengan perkembangan teknologi saat ini penggunaan game mobile akan mampu menjangkau anak-anak usia 10-15 tahun. Game ini disertai dengan konten dan media pendukung yang dapat meningkatkan jumlah pemain maupun pembaca majalah. Sehingga game ini sangat sesuai untuk menumbuhkan minatbaca siswa terhadap majalah Islam Gesit.

    Item Type: Article
    Subjects: Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Ilmu Komputer > Desain Komunikasi Visual
    Divisions: Fakultas Ilmu Komputer
    Depositing User: Psi Udinus
    Date Deposited: 13 Dec 2017 17:03
    Last Modified: 13 Dec 2017 17:03
    URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/23351

    Actions (login required)

    View Item