UDiNus Repository

PENERAPAN KLASIFIKASI ASURANSI JIWA MENGGUNAKAN ALGORITMA NAÏVE BAYES DALAM PENERIMAAN JENIS ASURANSI PADA PT. AIA SEMARANG.

HIMAWAN, FUADI (2017) PENERAPAN KLASIFIKASI ASURANSI JIWA MENGGUNAKAN ALGORITMA NAÏVE BAYES DALAM PENERIMAAN JENIS ASURANSI PADA PT. AIA SEMARANG. Skripsi,Fakultas Ilmu Komputer.

[img]
Preview
PDF
Download (4Kb) | Preview

    Abstract

    Tugas Akhir ini berjudul “Penerapan Klasifikasi Asuransi Jiwa Menggunakan Algoritma Naive Bayes Dalam Penerimaan Jenis Asuransi Pada PT. AIA Semarang”. Penelitian ini dilakukan karena beberapa permasalahan, antara lain sulitnya pihak Asuransi dalam memberikan rekomendasi jenis asuransi bagi calon nasabah dengan banyaknya kriteria yang diperhitungkan. Hal tersebut seringkali mengakibatkan nasabah kurang tepat dalam mengambil keputusan pemilihan jenis asuransi, sehingga dapat berakibat pada kelancaran pembayaran premi nasabah tersebut. Selain itu, masalah Bank data nasabah di AIA juga belum dimanfaatkan dengan baik, sehingga diperlukan adanya pemanfaatan data untuk kepentingan perusahaan. Metode penelitian yang dilakukan dalam penelitian ini antara lain, observasi, wawancara serta studi pustaka untuk mendapatkan data-data terkait dengan nasabah asuransi di PT. Asuransi AIA Semarang. Metode analisis sistem yang digunakan adalah metode waterfall dengan langkah-langkah, (1) Perencanaan, (2) Analisis, (3) Perancangan, (4) Implementasi, (5) Pemeliharaan. Pembuatan aplikasi ini menggunakan Bahasa Pemrograman Microsoft Visual Basic 6.0 dengan Database MySql yang menghasilkan aplikasi data mining klasifikasi produk asuransi jenis kelamin, usia, status, pekerjaan, penghasilan, cara pembayaran premi dan masa pembayaran premi. Dengan aplikasi klasifikasi jenis produk tersebut maka dapat memudahkan pihak Asuransi dalam meberikan rekomendasi produk asuransi yang sesuai dengan kebutuhan calon nasabah.

    Item Type: Article
    Subjects: T Technology > Teknik Informatika
    Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Ilmu Komputer > Teknik Informatika
    Divisions: Fakultas Ilmu Komputer
    Depositing User: Psi Udinus
    Date Deposited: 13 Dec 2017 17:03
    Last Modified: 13 Dec 2017 17:03
    URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/23352

    Actions (login required)

    View Item