UDiNus Repository

MITIGASI RISIKO ASET TEKNOLOGI INFORMASI MENGGUNAKAN FRAMEWORK OCTAVE DAN FMEA PADA KOMISI PEMILIHAN UMUM KABUPATEN PATI

RAHARDIAN, ATMAJA IDI (2017) MITIGASI RISIKO ASET TEKNOLOGI INFORMASI MENGGUNAKAN FRAMEWORK OCTAVE DAN FMEA PADA KOMISI PEMILIHAN UMUM KABUPATEN PATI. Skripsi,Fakultas Ilmu Komputer.

[img]
Preview
PDF
Download (3843b) | Preview

    Abstract

    Penerapan teknologi informasi pada proses pemungutan suara dapat membantu proses pengelolaan dan pengolahan informasi yang dilakukan oleh KPU. Dalam hal ini KPU juga mempunyai risiko asset yang disebabkan oleh penyalahgunaan dan kerusakan seperti Personal Computer PC, Server, Jaringan Internet, aplikasi pendukung, dll. Kejadian tersebut mengakibatkan semua proses kegiatan operasional terganggu. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui aset IT apa saja yang ada diperusahaan, menganalisa dan mengidentifikasi risiko yang terjadi terdahadap aset IT serta mengetahui hasil penilaian atas mitigasi risiko aset teknologi informasi. Dalam penelitian ini metode yang digunakan adalah Octave untuk mengelola risiko aset yang ada dan FMEA untuk melakukan penilaian terhadap masing – masing risiko, yang kemudian diberikan rangking berdasarkan prioritasnya. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini adalah rangking yang mempunyai 5 risiko level very high, 11 risiko level high,8 risiko level medium, 12 risiko level low. Sehingga dari hasil RPN yang perlu diberikan penanganan khusus yaitu RPN dengan risiko level very high dan high.

    Item Type: Article
    Subjects: Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Ilmu Komputer > Sistem Informasi
    Divisions: Fakultas Ilmu Komputer
    Depositing User: Psi Udinus
    Date Deposited: 13 Dec 2017 17:03
    Last Modified: 13 Dec 2017 17:03
    URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/23358

    Actions (login required)

    View Item