UDiNus Repository

Implementasi Analisis Sentimen Terhadap Pilkada Serentak Indonesia 2017 Menggunakan Metode K-Means Dan Naive Bayes Classifier

MUHAMMAD, MAULA ATHO'IL (2017) Implementasi Analisis Sentimen Terhadap Pilkada Serentak Indonesia 2017 Menggunakan Metode K-Means Dan Naive Bayes Classifier. Skripsi,Fakultas Ilmu Komputer.

[img]
Preview
PDF
Download (3795b) | Preview

    Abstract

    Pilkada merupakan suatu sarana untuk mewujudkan kedaulatan dalam berdemokrasi. Penyelenggaraan Pilkada dilakukan secara serentak oleh beberapa daerah tingkat Provinsi, Kota maupun Kabupaten. Namun dari penyelenggarannya masih banyak pro dan kontra, sehingga banyak ditemukan opini, komentar atau aspirasi dari masyarakat yang digunakan untuk mengekspresikan apa yang sedang menjadi perhatian. Sehingga perlu dilakukan penelitian mengenai opini masyarakat terhadap jalannya Pilkada Serentak Indonesia 2017. Sentiment Analysis menggunakan metode naive bayes classifier dapat diimplementasikan untuk penelitian terhadap opini masyarakat dan metode K-means digunakan untuk menentukan label pada data latih, dengan melakukan ekstrasi opini masyarakat dan mengklasifikasikannya berdasarkan kelas positif dan kelas negatif. Kemudian hasil tersebut diuji menggunakan confussion matrix untuk mengetahui tingkat akurasinya. Dimana hasil pengujian menunjukkan nilai akurasi sebesar 74.5% serta nilai error rate sebesar 25.5%.

    Item Type: Article
    Subjects: T Technology > Teknik Informatika
    Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Ilmu Komputer > Teknik Informatika
    Divisions: Fakultas Ilmu Komputer
    Depositing User: Psi Udinus
    Date Deposited: 13 Dec 2017 17:03
    Last Modified: 13 Dec 2017 17:03
    URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/23359

    Actions (login required)

    View Item