UDiNus Repository

MITIGASI RISIKO INFORMASI LAYANAN PENGADAAN SECARA ELEKTRONIK PADA DINAS KESEHATAN PROVINSI JAWA TENGAH MENGGUNAKAN METODE OCTAVE DAN FMEA

MENIK, PURNAMASARI (2017) MITIGASI RISIKO INFORMASI LAYANAN PENGADAAN SECARA ELEKTRONIK PADA DINAS KESEHATAN PROVINSI JAWA TENGAH MENGGUNAKAN METODE OCTAVE DAN FMEA. Skripsi,Fakultas Ilmu Komputer.

[img]
Preview
PDF
Download (4000b) | Preview

    Abstract

    Rentannya kerusakan data ataupun kehilangan data pada Unit Layanan Pengadaan Dinas Propinsi Jawa Tengah disebabkan oleh faktor alam dan faktor manusia. Hal ini menyebabkan sering terganggunya proses tender pada Unit Layanan Pengadaan Dinas Kesehatan Propinsi Jawa Tengah. Sehingga perlu adanya pengelolaan risiko secara baik dan benar agar tidak berdampak pada kelangsungan proses bisnis utama. Untuk itu tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui asset apa saja yang dianggap kritis dalam organisasi, menganalisa dan mengevaluasi risiko, dan mengetahui langkah-langkah rencana mitigasi yang tepat terhadap aset TI. Metode penelitian yang digunakan yaitu Octave sebagai pengolah hasil informasi yang didapatkan dari wawancara. Dan FMEA digunakan untuk menghitung seberapa tinggi dampak untuk perusahaan jika risiko itu terjadi dan membuat ranking prioritas untuk masing-masing risiko. Dan hasil yang diperoleh didalam penelitian ini ada risiko yang berstatus very high 3 risiko, high 15 risiko, medium 12 risiko, low 22 risiko, very low 0 risiko. Sehingga dari hasil Risk Priority Number, yang perlu diberikan perhatian khusus yaitu Risk Priority Number yang memiliki status very high dan high.

    Item Type: Article
    Subjects: Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Ilmu Komputer > Sistem Informasi
    Divisions: Fakultas Ilmu Komputer
    Depositing User: Psi Udinus
    Date Deposited: 13 Dec 2017 17:04
    Last Modified: 13 Dec 2017 17:04
    URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/23365

    Actions (login required)

    View Item