UDiNus Repository

IDENTIFIKASI KUALITAS KUNING TELUR AYAM BERDASARKAN WARNA YOLK COLOUR FAN MENGGUNAKAN EKSTRAKSI RGB DAN PERHITUNGAN JARAK EUCLIDEAN DISTANCE

MUHAMMAD, HAQQI ISBATUL (2017) IDENTIFIKASI KUALITAS KUNING TELUR AYAM BERDASARKAN WARNA YOLK COLOUR FAN MENGGUNAKAN EKSTRAKSI RGB DAN PERHITUNGAN JARAK EUCLIDEAN DISTANCE. Skripsi,Fakultas Ilmu Komputer.

[img]
Preview
PDF
Download (3997b) | Preview

    Abstract

    Telur merupakan salah satu bahan makanan yang bersal dari hewani yang bergizi tinggi. Setiap telur mempunyai kualitas yang berbeda antara telur satu dengan telur yang lainnya. Warna dari kuning telur adalah perbedaan kualitas yang dapat diketahui secara kasat mata, warna kuning telur terdiri dari kuning pucat sampai jingga. Kualitas warna kuning telur dapat diuji menggunakan alat yolk colour fan yang digunakan sebagai acuan dimana semakin tinggi nilai yolk maka semakin tinggi nilai kandungan karotein. Akan tetapi untuk mencocokkan warna kuning telur menggunakan alat ukur yolk colour fansecara kasat mata, hasil yang didapat akan bersifat subjektif di sebabkan oleh beberapa faktor seperti kemampuan penglihatan manusia dan cahaya. Dalam tugas akhir ini penulis akan membahas bagaiman cara identifikasi kualitas kuning telur ayam berdasarkan grade nilai warna yolk colour fan menggunakan metode RGB dan penghitungan jarak menggunakan Eucledian Dintance. Tujuan adanya tugas akhir ini, Penelitian ini dapat mempermudah identifikasi kualitas kuning telur ayam berdasarkan nilai warna yolk colour fan dengan hasil yang akurat. Sistem yang dibuat untuk identifikasi kualitas kuning telur dengan metode ekstraksi RGB dan perhitungan jarak menggunakan Eucledian Distance mendapat akurasi sebesar 90 %.

    Item Type: Article
    Subjects: T Technology > Teknik Informatika
    Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Ilmu Komputer > Teknik Informatika
    Divisions: Fakultas Ilmu Komputer
    Depositing User: Psi Udinus
    Date Deposited: 13 Dec 2017 17:05
    Last Modified: 13 Dec 2017 17:05
    URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/23373

    Actions (login required)

    View Item