RIFKY, RAMADHIANSYAH REZA (2017) Perancangan Iklan Layanan Masyarakat Tentang Literasi Media Terhadap Informasi di Media Sosial. Skripsi,Fakultas Ilmu Komputer.
Abstract
Media sosial merupakan salah satu keniscayaan dalam kehidupan manusia di era teknologi informasi dan komunikasi yang semakin berkembang pesat. Media sosial dapat diakses melalui perangkat canggih yang setiap orang berlomba-lomba untuk memilikinya. Namun, media sosial saat ini sedang marak hoax yang dapat memicu perseteruan antar pengguna. Hal tersebut dikarenakan kurangnya pengetahuan masyarakat dalam berliterasi di media sosial, sehingga media sosial sangat mudah digunakan untuk menyebarkan hoax. Maka dari itu, sosialisasi tentang pentingnya literasi di media sosial dibuat dalam bentuk iklan layanan masyarakat. Dengan adanya kampanye ini, diharapkan dapat menjadi salah satu solusi untuk mencegah dampak hoax yang semakin luas di media sosial. Metode penelitian campuran dipilih untuk memahami penggunaan media sosial dan analisis data menggunakan metode framing untuk menghasilkan pedoman dalam perancangan ini. Hasil analisis tersebut diantaranya target audiens, yaitu masyarakat yang gemar bermedia sosial. Kemudian, media utama yang dirancang adalah motion grafis yang akan ditampilkan dalam beberapa media seperti videotron, TV, dan lain-lain. Dirancang pula media pendukung seperti poster, spanduk/banner, x-banner, web banner, social media content, dan stiker. Diharapkan dengan adanya kampanye ini, target audiens lebih memahami pengetahuan pentingnya berliterasi dalam menggunakan media sosial dan menerapkan pesan dari sosialisasi ini agar menjadi pengguna media sosial yang cerdas dan bijak.
Actions (login required)