UDiNus Repository

ANALISIS PERFORMA JARINGAN BERBASIS SHOUTCAST AUDIO STREAMING SERVER UNTUK KEBUTUHAN LIVE STREAMING DI RADIO SSFM SEMARANG

AMRIH, SOEKIMAN YOGI (2017) ANALISIS PERFORMA JARINGAN BERBASIS SHOUTCAST AUDIO STREAMING SERVER UNTUK KEBUTUHAN LIVE STREAMING DI RADIO SSFM SEMARANG. Skripsi,Fakultas Ilmu Komputer.

[img]
Preview
PDF
Download (4Kb) | Preview

    Abstract

    Streaming server menawarkan kemudahan serta keamanan lebih dibandingkan konvensional. Konektifitas jaringan berkaitan erat menentukan kualitas streaming server itu sendiri. Penelitian ini menggunakan streaming server sebagai media live streaming guna membantu proses penyebaran siaran radio di Radio SSFM Semarang. Proses pengujian pada jaringan streaming server tersebut diuji satu per satu. Proses penghitungan menggunakan beberapa tools untuk mengukur jumlah bandwidth, latency, packet loss, jitter dan datagram. Data-data tersebut merupakan penentu peforma jaringan sejak lama. Hasil yang didapat adalah jaringan yang dibangun berjalan sebagaimana yang diharapkan. Hasil performa jaringan memiliki bandwidth, latency dan jitter yang beragam naik dan turun. Hasil dari pengujian yang dilakukan pada streaming server didapatkan hasil yang baik jika di bandingkan dengan standarisasi internasional ITU-T G.114, maka hasil quality of service yang dihasilkan dapat dikategorikan sangat baik dan layak untuk digunakan. Waktu sampai antara broadcaster ke client tergolong kecil yaitu dibawah 7s, walau permasalahan seperti spesifikasi perangkat client dan koneksi yang terhubung ke perangkat client perlu diperhatikan lagi. Dengan streaming server ini dapat mempermudah proses perluasan jangkauan siaran pada Radio SSFM Semarang.

    Item Type: Article
    Subjects: T Technology > Teknik Informatika
    Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Ilmu Komputer > Teknik Informatika
    Divisions: Fakultas Ilmu Komputer
    Depositing User: Psi Udinus
    Date Deposited: 13 Dec 2017 17:06
    Last Modified: 13 Dec 2017 17:06
    URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/23389

    Actions (login required)

    View Item