RUDI, SETIAWAN (2017) PERANCANGAN MEDIA PROMOSI I-COS CAFE SEBAGAI UPAYA MEMENANGKAN PESAINGAN. Skripsi,Fakultas Ilmu Komputer.
Abstract
Seiring dengan perkembangannya cafe juga sudah tidak hanya menjadi tempat nongkrong dan makan saja, melainkan sudah menjadi gaya hidup dan trend center bagi masyarakat perkotaan. Salah satu cafe yang terletak di kota Semarang adalah I-Cos Cafe yang sudah berdiri sejak tahun 2009, menawarkan konsep baru mereka yaitu dengan menggabungkan sebuah unsur bar dengan tempat makan, dan cafe. Walaupun I-Cos Cafe ramai dikunjungi, sekarang I-Cos Cafe sendiri mengalami penurunan omzet yang lumayan. I-Cos Cafe perlu melakukan promosi sehingga permasalahan berkurangnya pelanggan yang datang diharapkan dapat meningkat. Perancangan promosi menggunakan metode kualitatif, data-data diperoleh menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Kemudian dianalisis dengan menggunakan metode SWOT. Dari kesimpulan analisis SWOT maka terpilihlah strategi dalam upaya untuk mempromosikan I-Cos Cafe adalah memberitahukan kepada calon konsumen bahwa I-Cos Cafe memiliki tempat yang nyaman dan memiliki berbagai menu minuman unggulan. Media promosi yang dipilih menyesuaikan dengan target audience I-Cos Cafe, sehingga media yang dibutuhkan adalah Video Komersial sebagai media utama, dan media pendukung berupa banner online yang keduanya menggunakan media sosial Instagram dan Facebook dalam melakukan kegiatan promosi. Sedangkan media pendukung lain yang merupakan media offline, yaitu berupa media poster dan spanduk. Visualisasi terdiri dari elemen-elemen fotografi, marna, dan tipografi untuk memperkuat tema desain promosi.
Actions (login required)