UDiNus Repository

KLASIFIKASI KEMATANGAN BUAH JAMBU BIJI MERAH MENGGUNAKAN PENGOLAHAN CITRA BERDASARKAN WARNA RGB DENGAN ALGORITMA NAÏVE BAYES

DANIAR, WIDIARKO (2017) KLASIFIKASI KEMATANGAN BUAH JAMBU BIJI MERAH MENGGUNAKAN PENGOLAHAN CITRA BERDASARKAN WARNA RGB DENGAN ALGORITMA NAÏVE BAYES. Skripsi,Fakultas Ilmu Komputer.

[img]
Preview
PDF
Download (3941b) | Preview

    Abstract

    Buah jambu biji merah (Psidium guajava) memiliki keterbatasan umur simpan yaitu antara 1-2 minggu setelah pascapanen. Daya simpan buah jambu biji merah yang relatif singkat mengharuskan pemanenan jambu biji merah dilakukan pada saat jambu biji merah masih dalam kondisi mentah untuk keperluan industri lokal maupun ekspor. Oleh sebab itu, dibutuhkan pengklasifikasian buah jambu biji merah yang tepat untuk memperoleh mutu buah yang baik.Naïve Bayes merupakan salah satu metode yang dapat digunakan untuk menentukan klasifikasi kematangan buah jambu biji merah. Naive Bayes mempunyai konsep matematis. Penelitian ini bertujuan untuk mengaplikasikan Naive Bayes dalam klasifikasi tingkat kematangan buah jambu biji merah dan mendeskripsikan tingkat keakuratannya. Proses yang dilakukan adalah mengubah tipe gambar jambu biji merah (Psidium guajava) dari tipe red green blue (RGB) ke tipe grayscale yang digunakan sebagai data penelitian. Selanjutnya dilakukan ekstraksi mengunakan bantuan c# untuk memperoleh informasi dari gambar. Informasi dari gambar yaitu contrast, correlation, energy, homogeneity, mean, variance, standard deviation, skewness, kurtosis, entropy, Inverse difference moment (IDM).

    Item Type: Article
    Subjects: T Technology > Teknik Informatika
    Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Ilmu Komputer > Teknik Informatika
    Divisions: Fakultas Ilmu Komputer
    Depositing User: Psi Udinus
    Date Deposited: 13 Dec 2017 17:07
    Last Modified: 13 Dec 2017 17:07
    URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/23401

    Actions (login required)

    View Item