ANDIKA, SETYAWAN (2017) ANALISA SENTIMEN PUBLIK PADA TWITTER MENGENAI INTERNET INDOSAT DENGAN METODE KLASIFIKASI ALGORITMA SOPPORT VECTOR MACHINE (SVM). Skripsi,Fakultas Ilmu Komputer.
| PDF Download (3944b) | Preview |
Abstract
Pengguna layanan internet indosat yang semakin meningkat maka perusahaan indosat perlu melakukan evaluasi atau penilaian layanan, agar lebih mengerti respon publik terhadap layanan internet yang sudah diberikan. Melalui media sosial twitter pada akun resmi perusahaan indosat, masyarakat dapat memberikan respon tentang layanan internet indosat, yang dapat dibuat sebagai analisis sentimen tentang respon masyarakat terhadap layanan internet indosat dengan menggunakan metode klasifikasi dengan algoritma svm. Respon masyarakat di twitter tersebut diklasifikasikan menjadi 2 kelas tweet tingkat dasar yaitu positif dan negatif. Data dikumpulkan dari twitter dengan tweet sebanyak 500. Pemberian label tidak dilakukan secara manual tetapi menggunakan metode clustering K-Means yang membagi 500 data kedalam dua kelompok. Cluster 1 sebagai kelompok tweet positif dan Cluster 2 sebagai kelompok tweet negatif. 400 untuk data pelatihan dan 100 untuk data pengujian. Tahap pre-processing pada data meliputi tokenisasi, casenormalization, deteksi stop word, dan stemming. Proses klasifikasi menggunakan metode Support Vector Machine (SVM). Akurasi SVM yang dihasilkan pada penelitian ini yaitu 89%.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | T Technology > Teknik Informatika Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Ilmu Komputer > Teknik Informatika |
Divisions: | Fakultas Ilmu Komputer |
Depositing User: | Psi Udinus |
Date Deposited: | 13 Dec 2017 17:07 |
Last Modified: | 13 Dec 2017 17:07 |
URI: | http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/23406 |
Actions (login required)
View Item |