UDiNus Repository

Menentukan Karakter Seseorang Bedasarkan Tulisan Tangan untuk Penerimaan Karyawan Baru Menggunakan Algoritma Jaringan Syaraf Tiruan Backpropagation (Studi Kasus Pada CV. Adi Arya)

RAJIF, NURIYANTO (2017) Menentukan Karakter Seseorang Bedasarkan Tulisan Tangan untuk Penerimaan Karyawan Baru Menggunakan Algoritma Jaringan Syaraf Tiruan Backpropagation (Studi Kasus Pada CV. Adi Arya). Skripsi,Fakultas Ilmu Komputer.

[img]
Preview
PDF
Download (4001b) | Preview

    Abstract

    Proses rekrutmen karyawan merupakan salah satu faktor penting dalam menjalankan suatu perusahaan. Sumberdaya manusia yang sesuai dengan kriteria dan klasifikasi dari perusahaan akan lebih cepat berkembang sesuai dengan kemampuannya. Melalui tes tulisan tangan (grafologi) kepribadian seseorang dapat diketahui dan pengenalan tulisan tangan dapat dijadikan sebagai penilain saat seleksi karyawan. Pengenalan pola tulisan tangan ini yang akan dijadikan suatu sistem yang dapat mengklasifikasikan objek-objek kedalam kategori atau kelas-kelas bedasarkan pada informasi statistik yang diambil dari pola tulisan tangan dengan bantuan metode Jaringan Syaraf Tiruan Backpropagation. Data tulisan tangan dikumpulkan dari karyawan CV. Adi Arya dengan tulisan tangan huruf 'i', 'o', dan 't' masing-masing sebanyak 10. Data latih yang digunakan sebanyak 200 dan 30 untuk data uji. Tahap pre-processing pada citra data meliputi grayscaling, citra biner, komplemen citra, dan pemotongan citra. Proses pengenalan pola tulisan tangan menggunakan metode Jaringan Syaraf Tiruan Backpropagation mendapat hasil akurasi pada penelitian ini yaitu 63,3%. Dengan 90% untuk huruf 'i', 50% untuk huruf 'o', dan 40% untuk huruf 't'.

    Item Type: Article
    Subjects: T Technology > Teknik Informatika
    Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Ilmu Komputer > Teknik Informatika
    Divisions: Fakultas Ilmu Komputer
    Depositing User: Psi Udinus
    Date Deposited: 13 Dec 2017 17:07
    Last Modified: 13 Dec 2017 17:07
    URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/23408

    Actions (login required)

    View Item