UDiNus Repository

Perancangan Buku Pembelajaran Sistem Reproduksi Manusia untuk Siswa Low Vision dengan Konsep Visual Petualangan untuk Siswa Low Vision di SLB-A Dria Adi Semarang

YOSUA, PRAKOSA BHIMA (2017) Perancangan Buku Pembelajaran Sistem Reproduksi Manusia untuk Siswa Low Vision dengan Konsep Visual Petualangan untuk Siswa Low Vision di SLB-A Dria Adi Semarang. Skripsi,Fakultas Ilmu Komputer.

[img]
Preview
PDF
Download (3886b) | Preview

    Abstract

    Low vision adalah seseorang yang memiliki keterbatasan penglihatan, tidak buta total tetapi masih memiliki sedikit penglihatan. Bersekolah bagi low vision menjadi sebuah hal yang sulit karena media pembelajaran untuk mereka masih sangat kurang. Perancangan ini bertujuan untuk membuat buku pembelajaran sistem reproduksi manusia untuk siswa low vision dan dilakukan dengan proses penelitian dengan pendekatan kualitatif. Penelitian yang dilakukan mencakup dua ha, yang pertama adalah mengukur kemampuan penglihatan siswa low vision. Kedua, menggali apa yang menjadi kebutuhan siswa low vision untuk menentukan materi dan konsep visual yang tepat. Hasil penelitian diolah dengan metode analisis 5W+1H dan menghasilkan strategi perancangan berupa konsep dasar perancangan agar buku dapat dibaca dengan nyaman oleh siswa low vision dan menghasilkan pilihan materi sistem reproduksi manusia. Perancangan buku ini didukung dengan media pendukung yaitu poster interaktif, poster materi, kartu tokoh, buku catatan, spidol dan tote bag. Perancangan ini mampu memberikan media yang baru bagi siswa low vision dan memudahkan mereka untuk membaca.

    Item Type: Article
    Subjects: Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Ilmu Komputer > Desain Komunikasi Visual
    Divisions: Fakultas Ilmu Komputer
    Depositing User: Psi Udinus
    Date Deposited: 13 Dec 2017 17:07
    Last Modified: 13 Dec 2017 17:07
    URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/23409

    Actions (login required)

    View Item