REZA, PERWIRA (2017) RANCANG BANGUN AUGMENTED REALITY BERBASIS ANDROID SEBAGAI MEDIA EDUKASI PROSES PELAPUKAN BENDA UNTUK SISWA SEKOLAH DASAR. Skripsi,Fakultas Ilmu Komputer.
| PDF Download (4Kb) | Preview |
Abstract
Pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) di sekolah dasar membutuhkan alat peraga agar siswa dapat melihat secara langsung materi pada buku pelajaran. Pada mata pelajaran ilmu pengetahuan alam kelas enam sekolah dasar terdapat pelajaran mengenai proses palapukan pada benda. Pelapukan merupakan proses perubahan suatu benda menuju kehancuran oleh suatu faktor. Karena lamanya proses pelapukan beberapa jenis palapukan tidak memungkinkan untuk diperagakan secara langsung di lingkungan sekolah. Oleh karena itu dibutuhkan teknologi alternatif untuk menjelaskan materi dari buku pelajaran secara interaktif sehingga diharapkan siswa dapat memahami materi buku pelajaran diluar jam sekolah secara mandiri. Augmented reality (AR) adalah suatu teknologi oleh teknologi komputer untuk menggabungkan objek fisik dan objek digital sehingga seolah - olah keduanya berada pada lingkungan yang sama. Pada penerapannya augmented reality terbagi menjadi dua metode yaitu metode tracking berbasis marker based tracking dan markerles. Pada proses pendeteksian marker salah satunya adalah NFT (Natural Feature Tracking) adalah suatu metode yang digunakan dalam Vuforia untuk mengenali suatu marker. Di dalam NFT itu sendiri terdapat algoritma SIFT (Scale Invariant Feature Transform). Setelah dilakukan pengujian menggunakan black box dan white box proses tracking pada marker mempunyai tingkat keberhasilan yang tinggi. Output yang dimunculkan dapat sesuai dengan database marker dan objek dalam aplikasi.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | T Technology > Teknik Informatika Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Ilmu Komputer > Teknik Informatika |
Divisions: | Fakultas Ilmu Komputer |
Depositing User: | Psi Udinus |
Date Deposited: | 13 Dec 2017 17:08 |
Last Modified: | 13 Dec 2017 17:08 |
URI: | http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/23416 |
Actions (login required)
View Item |