UDiNus Repository

SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN UNTUK PEMILIHAN PROGRAM STUDI BAGI LULUSAN SMA MENGGUNAKAN METODE NAIVE BAYES CLASSIFIER BERBASIS WEB (STUDI KASUS SMA NEGERI 8 SEMARANG)

ARIFIN, ABIDIN RUSTIN (2017) SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN UNTUK PEMILIHAN PROGRAM STUDI BAGI LULUSAN SMA MENGGUNAKAN METODE NAIVE BAYES CLASSIFIER BERBASIS WEB (STUDI KASUS SMA NEGERI 8 SEMARANG). Skripsi,Fakultas Ilmu Komputer.

[img]
Preview
PDF
Download (3873b) | Preview

    Abstract

    Penjurusan siswa adalah proses pengambilan suatu keputusan dalam memilih suatu bidang keahlian studi yang berdasarkan kemampuan untuk potensi diri dan peluang yang ada. Penjurusan di SMA Negeri 8 Semarang dilakukan agar siswa dapat menyalurkan bakat dan minat serta kemampuan dijurusan perguruan tinggi tersebut. Sehingga siswa dapat mengembangkan suatu potensi yang dimilikinya. Pemilihan suatu jurusan pada perguruan tinggi yang tepat akan menentukan sebuah keberhasilan siswa. Metode analisis data menggunakan Naive Bayes dengan kriteria nilai bahasa Indonesia, matematika, bahasa Inggris, fisika, kimia dan biologi. Data yang digunakan untuk penelitian adalah data nilai siswa kelas XII di SMA Negeri 8 Semarang. Implementasi sistem menggunakan PHP dan MySQL. Penelitian ini bertujuan menerapkan data mining dengan menggunakan algoritma Naive Bayes untuk klasifikasi penjurusan siswa di di SMA Negeri 8 Semarang, diharapkan algoritma Naive Bayes tersebut mampu menjadi sistem pendukung keputusan dalam menentukan penjurusan siswa dan mengetahui akurasi metode Naive Bayes untuk klasifikasi penjurusan siswa di SMA Negeri 8 Semarang.

    Item Type: Article
    Subjects: T Technology > Teknik Informatika
    Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Ilmu Komputer > Teknik Informatika
    Divisions: Fakultas Ilmu Komputer
    Depositing User: Psi Udinus
    Date Deposited: 13 Dec 2017 17:08
    Last Modified: 13 Dec 2017 17:08
    URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/23420

    Actions (login required)

    View Item