UDiNus Repository

ANALISIS PEMANFAATAN PROTOKOL SIMPLE NETWORK MANAGEMENT PROTOCOL (SNMP) UNTUK MONITORING PERANGKAT JARINGAN MULTI-VENDOR

Yanuar, Pambudi (2017) ANALISIS PEMANFAATAN PROTOKOL SIMPLE NETWORK MANAGEMENT PROTOCOL (SNMP) UNTUK MONITORING PERANGKAT JARINGAN MULTI-VENDOR. Skripsi,Fakultas Ilmu Komputer.

[img]
Preview
PDF
Download (3288b) | Preview

    Abstract

    Semakin kompleks suatu jaringan, maka akan semakin banyak vendor yang digunakan. SNMP merupakan protokol manajemen standar yang dapat mengakses informasi dari vendor perangkat jaringan sehingga memudahkan administrator jaringan untuk memonitoring perangkat dari vendor yang berbeda menggunakan aplikasi dan antarmuka yang sama. Penelitian ini memanfaatkan fitur protokol SNMP yang diimplementasikan ke aplikasi yang akan dibuat sebagai tools untuk memonitor dan mengelola perangkat jaringan multi-vendor. SNMP dapat mengatasi masalah terhadap jaringan yang menggunakan perangkat jaringan multi-vendor. Sehingga untuk memonitoring perangkat jaringan multi-vendor hanya dibutuhkan satu alat aplikasi monitoring saja.

    Item Type: Article
    Subjects: T Technology > Teknik Informatika
    Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Ilmu Komputer > Teknik Informatika
    Divisions: Fakultas Ilmu Komputer
    Depositing User: Psi Udinus
    Date Deposited: 13 Dec 2017 17:09
    Last Modified: 13 Dec 2017 17:09
    URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/23426

    Actions (login required)

    View Item