UDiNus Repository

Sistem Pakar Kecocokan Pakan Terhadap Jenis Dan Sifat Ikan Hias Menggunakan Metode Forward Chaining Dan Certainty Factor (Studi Kasus : UPT Dintanbunnakikkan Kecamatan Blora)

WILDAN, PRADANA HISYAM (2017) Sistem Pakar Kecocokan Pakan Terhadap Jenis Dan Sifat Ikan Hias Menggunakan Metode Forward Chaining Dan Certainty Factor (Studi Kasus : UPT Dintanbunnakikkan Kecamatan Blora). Skripsi,Fakultas Ilmu Komputer.

[img]
Preview
PDF
Download (3918b) | Preview

    Abstract

    Di dalam bidang perikanan di Indonesia khususnya di bidang ikan hias air tawar pemberian pakan untuk ikan hias sering kali pemilik ikan langsung percaya pada pakan yang disarankan oleh pemilik toko,pakan tersebut biasa berjenis pelet. Ikan mempunyai jenis dan sifat yang berbeda-beda oleh sebab itu hal yang penting dalam pemeliharaan ikan hias adalah pemberian pakan yang tepat bagi ikan sesuai jenis dan sifat yang ikan punya. Pemilihan jenis pakan yang cocok untuk ikan bertujuan agar setiap ikan hias terpenuhi akan gizi yang dibutuhkan, sehingga para penggemar ikan tidak khawatir akan pemberian pakan yang dapat membahayakan ikan kesayangannya dan terhindarkan dari kematian ikan yang dimiliki. Sistem Pakar kecocokan pakan terhadap jenis dan sifat ikan hias menggunakan metode Forward Chaining dan Certainty Factor menghasilkan data sesuai dengan apa yang diharapkan yaitu berupa informasi mengenai rekomendasi pakan ikan. Sistem pakar ini dapat dikembangkan lebih lanjut dengan pengolahan data ikan yang lebih banyak dan luas, sehingga nantinya aplikasi ini dapat digunakan sebagai salah satu gambaran dalam pengambilan keputusan pemberian pakan ikan hias dengan tepat dan akurat.

    Item Type: Article
    Subjects: T Technology > Teknik Informatika
    Universitas Dian Nuswantoro > Fakultas Ilmu Komputer > Teknik Informatika
    Divisions: Fakultas Ilmu Komputer
    Depositing User: Psi Udinus
    Date Deposited: 13 Dec 2017 17:10
    Last Modified: 13 Dec 2017 17:10
    URI: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/23435

    Actions (login required)

    View Item